Perkembangan Penelitian Tipografi: Kajian Bibliometrik

Penulis

  • Citra Fadillah Santoso Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1307

Kata Kunci:

developments, trends, typography, bibliometrics

Abstrak

Tipografi merupakan salah satu elemen penting dalam desain komunikasi visual. Lebih lanjut, penelitian mengenai tipografi telah banyak dilakukan sebelumnya baik dari perspektif kajian maupun penciptaan. Namun penelitian dengan fokus mengkaji perkembangan penelitian dengan topik tipografi belum pernah dilakukan sebelumnya. Demikian penelitian ini dilakukan dan fokus pada pertanyaan penelitian: (1) Bagaimana tren produktivitas penelitian dengan topik tipografi dari waktu ke waktu berdasarkan tahun, sumber publikasi, afiliasi, negara, sitasi, dan kepengarangan dari tahun ke tahun?; (2) Bagaimana perkembangan tema penelitian terhadap penelitian tipografi dari tahun ke tahun?

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode bibliometrik. Data bersumber pada basis data Scopus berdasarkan kata kunci “typography” yang kemudian dianalisis dan divisualisasikan dengan Vos Viewer. Hasil penelitian mengungkap bahwa tren penelitian tipografi pada basis data Scopus dari tahun 1854 hingga 2022 menunjukkan tren peningkatan yang signifikan. Berdasarkan visualisasi co-occurrence yang dihasilkan tampak nodes-nodes kecil yang menandakan masih terdapat peluang baru (novelty) bagi penelitian dengan topik tipografi. Nodes-nodes kecil ini bersebaran diluar nodes-nodes besar di kedelapan klaster (klaster merah, hijau, biru, kuning, oranye, cokelat, biru muda, dan ungu). Selain berdasarkan nodes-nodes kecil ini, peluang penelitian dengan topik tipografi yang mengandung kebaruan (novelty) pun dapat dihasilkan dari penelitian baru yang terindeks pada basis data Scopus.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

L. Anggraini S and K. Nathalia, Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan Untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia, 2014.

N. Noordyanto, “Studi Tipografi Kawasan Di Yogyakarta,” Jurnal Dekave , vol. 9, no. 1, pp. 65–84, 2016.

D. Setiautami, “Eksperimen Tipografi dalam Visual untuk Anak,” Humaniora, vol. 2, no. 1, p. 311, Apr. 2011, doi: 10.21512/humaniora.v2i1.3011.

R. Purba, “Tipografi Kreasi Motif Gorga Batak,” PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, vol. 1, no. 2, pp. 190–201, May 2016, doi: 10.22303/proporsi.1.2.2016.190-201.

Y. A. L. Hermanto, “IDENTIFIKASI ILUSTRASI-TIPOGRAFI GRAPHIC VERNACULAR SEBAGAI SISTEM TANDA & IDENTITAS WARUNG TENDA DI KOTA MALANG,” JADECS, vol. 3, no. 2, 2018.

E. Sumarni and Nihayati, “Kajian Bibliometrik dan Sebaran Topik Penelitian Pada Jurnal Standardisasi Terbitan Tahun 2013-2017,” in Seminar Kepustakawanan LPNK Ristek, 2018.

M. Trinidad, M. Ruiz, and A. Calderon, “A Bibliometric Analysis of Gamification Research,” IEEE Access, vol. 9, pp. 46505–46544, 2021, doi: 10.1109/ACCESS.2021.3063986.

I. Sajovic and B. Boh Podgornik, “Bibliometric Analysis of Visualizations in Computer Graphics: A Study,” Sage Open, vol. 12, no. 1, p. 215824402110711, Jan. 2022, doi: 10.1177/21582440211071105.

F. I. Maulana, F. Permana, R. Herasmara, P. F. Candra, and Khaeruddin, “Mapping Research Trends and Vizualization of E-Learning in Entrepreneurship in the Last Ten Years,” in IEIT 2021: 1st International Conference on Electrical and Information Technology, 2021, pp. 99–105. doi: 10.1109/IEIT53149.2021.9587376.

F. B. Viégas, M. Wattenberg, and J. Feinberg, “Participatory visualization with wordle,” IEEE Trans Vis Comput Graph, vol. 15, no. 6, pp. 1137–1144, 2009, doi: 10.1109/TVCG.2009.171.

O. Ampuero and N. Vila, “Consumer perceptions of product packaging,” Journal of Consumer Marketing, vol. 23, no. 2, pp. 102–114, 2006, doi: 10.1108/07363760610655032.

T. van Leeuwen, “Towards a semiotics of typography,” Information Design Journal, vol. 14, no. 2, pp. 139–155, 2006, doi: 10.1075/idj.14.2.06lee.

D. Freitag, “Machine learning for information extraction in informal domains,” Mach Learn, vol. 39, no. 2, pp. 169–202, 2000, doi: 10.1023/a:1007601113994.

G. E. Legge and C. A. Bigelow, “Does print size matter for reading? A review of findings from vision science and typography,” J Vis, vol. 11, no. 5, pp. 1–22, 2011, doi: 10.1167/11.5.1.

K. A. Grant, X. Leng, H. L. Green, K. T. Szeliga, L. S. M. Rogers, and S. W. Gonzales, “Drinking typography established by scheduled induction predicts chronic heavy drinking in a monkey model of ethanol self-administration,” Alcohol Clin Exp Res, vol. 32, no. 10, pp. 1824–1838, 2008, doi: 10.1111/j.1530-0277.2008.00765.x.

P. A. Kolers, “Memorial consequences of automatized encoding,” J Exp Psychol Hum Learn, vol. 1, no. 6, pp. 689–701, 1975, doi: 10.1037/0278-7393.1.6.689.

M. C. Dyson, “The influence of reading speed and line length on the effectiveness of reading from screen,” International Journal of Human Computer Studies, vol. 54, no. 4, pp. 585–612, 2001, doi: 10.1006/ijhc.2001.0458.

N. Cawthon and A. v Moere, “The effect of aesthetic on the usability of data visualization,” 2007, pp. 637–645. doi: 10.1109/IV.2007.147.

S. Lee and R. J. Koubek, “The effects of usability and web design attributes on user preference for e-commerce web sites,” Comput Ind, vol. 61, no. 4, pp. 329–341, 2010, doi: 10.1016/j.compind.2009.12.004.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-29