Tinjauan Bibliometrik Produktivitas Penelitian Desain Interaktif (Interactive Design) Di Indonesia

Penulis

  • D Rio Adiwijaya Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i3.1325

Kata Kunci:

interactive design, indonesia, research, bibliometric, analysis

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk meninjau produktivitas penelitian dengan topik desain interaksi khususnya di Indonesia bersumber pada pangkalan data Scopus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bibliometrik. Berdasarkan hasil pencarian yang dilakukan, ditemukan 829 dokumen yang berhubungan dengan topik desain interaksi di Indonesia. Jumlah dokumennya pun terus bertambah di setiap tahunnya selama periode tersebut. Hal ini tampak dari jumlah dokumen yang pada tahun 1996 hanya berjumlah 1 dokumen meningkat menjadi 118 dokumen di tahun 2022. Sumber publikasi dengan jumlah dokumen terbanyak adalah Journal of Physics Conference Series dengan jumlah 191 dokumen. Sementara jenis dokumen dominan adalah dalam bentuk conference paper dengan total 487 dokumen. Afiliasi dengan jumlah dokumen terbanyak adalah Universitas Pendidikan Indonesia dengan jumlah dokumen sebanyak 65 dokumen. Sementara bidang penelitian ilmu terkait yang secara dominan membahas topik desain interaktsi adalah bidang computer science dengan persentasi 17.7% atau 260 dokumen.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Economou, A World of Interactive Exhibits. Routledge, 2008.

E. Goodman, E. Stolterman, and R. Wakkary, “Understanding interaction design practices,” in Proceedings of the SIGCHI Conference on Human Factors in Computing Systems, New York, NY, USA: ACM, May 2011, pp. 1061–1070. doi: 10.1145/1978942.1979100.

L. Anselin, I. Syabri, and Y. Kho, “GeoDa: An introduction to spatial data analysis,” Geogr Anal, vol. 38, no. 1, pp. 5–22, 2006, doi: 10.1111/j.0016-7363.2005.00671.x.

F. I. Maulana, F. Permana, R. Herasmara, P. F. Candra, and Khaeruddin, “Mapping Research Trends and Vizualization of E-Learning in Entrepreneurship in the Last Ten Years,” in IEIT 2021: 1st International Conference on Electrical and Information Technology, 2021, pp. 99–105. doi: 10.1109/IEIT53149.2021.9587376.

J. F. Burnham, “Scopus database: a review,” Biomed Digit Libr, vol. 3, no. 1, p. 1, Dec. 2006, doi: 10.1186/1742-5581-3-1.

L. Zhou, J. Bao, I. M. A. Setiawan, A. Saptono, and B. Parmanto, “The mhealth app usability questionnaire (MAUQ): Development and validation study,” JMIR Mhealth Uhealth, vol. 7, no. 4, 2019, doi: 10.2196/11500.

A. M. Adrian, A. Utamima, and K.-J. Wang, “A comparative study of GA, PSO and ACO for solving construction site layout optimization,” KSCE Journal of Civil Engineering, vol. 19, no. 3, pp. 520–527, 2015, doi: 10.1007/s12205-013-1467-6.

K. McGlinn, B. Yuce, H. Wicaksono, S. Howell, and Y. Rezgui, “Usability evaluation of a web-based tool for supporting holistic building energy management,” Autom Constr, vol. 84, pp. 154–165, 2017, doi: 10.1016/j.autcon.2017.08.033.

F. S. Irwansyah, I. Lubab, I. Farida, and M. A. Ramdhani, “Designing Interactive Electronic Module in Chemistry Lessons,” L. S. Riza, A. B. D. Nandiyanto, Riandi, and A. G. Abdullah, Eds., Institute of Physics Publishing, 2017. doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012009.

M. H. Berlian et al., “Design and implementation of smart environment monitoring and analytics in real-time system framework based on internet of underwater things and big data,” H. Briantoro, A. Zainudin, and D. I. Permatasari, Eds., Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2017, pp. 403–408. doi: 10.1109/ELECSYM.2016.7861040.

T. Olofsson and T. M. I. Mahlia, “Modeling and simulation of the energy use in an occupied residential building in cold climate,” Appl Energy, vol. 91, no. 1, pp. 432–438, 2012, doi: 10.1016/j.apenergy.2011.10.002.

A. Waller, R. Black, D. A. O’mara, H. Pain, G. Ritchie, and R. Manurung, “Evaluating the STANDUP pun generating software with children with cerebral palsy,” ACM Trans Access Comput, vol. 1, no. 3, 2009, doi: 10.1145/1497302.1497306.

O. Wongso, Y. Rosmansyah, and Y. Bandung, “Gamification framework model, based on social engagement in e-learning 2.0,” Institute of Electrical and Electronics Engineers Inc., 2015, pp. 10–14. doi: 10.1109/TIME-E.2014.7011583.

A. Samsudin, A. Suhandi, D. Rusdiana, and I. Kaniawati, “Preliminary Design of ICI-based Multimedia for Reconceptualizing Electric Conceptions at Universitas Pendidikan Indonesia,” Institute of Physics Publishing, 2016. doi: 10.1088/1742-6596/739/1/012006.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31