Perbandingan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth dalam Menentukan Pola Penjualan Pupuk

Authors

  • Dhea Rachmawati Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Yana Cahyana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Elsa Elvira Awal Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sutan Faisal Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v7i1.1527

Keywords:

Bisnis, Association Rule, Algoritma Apriori, Algoritma Fp-Growth

Abstract

Sistem informasi sangatlah penting pada era ini, dengan mengetahui data kita dapat membuat strategi pada suatu bisnis. contohnya kebutuhan pupuk di setiap daerah tentunya berbeda-beda, kita sebagai distributor bisnis pupuk harus mengetahui produk penjualan tertinggi hingga terendah pada setiap daerah. Oleh karena itu dengan memanfaatkan metode data mining yaitu teknik penggalian informasi baru dari kumpulan data yang bertujuan untuk mengetahui pola pembelian konsumen dengan meningkatkan penjualan produk, perusahaan penjualan perlu memikirkan berbagai strategi untuk mencapai hal tersebut dengan menggunakan perbandingan algoritma apriori dan algoritma fp-growth dalam data penjualan pupuk pada tahun 2022 di PT. Pupuk Kujang. Hasil penelitian ini, pada kedua algoritma menghasilkan Support dengan nilai tertinggi 59% dan Confidence dengan nilai tertinggi 100%, namun dari hasil aturan asosiasi algoritma apriori menghasilkan 136 aturan dan algoritma fp-growth menghasilkan 156 aturan. Dengan demikian, algoritma fp-growth dapat dikatakan mempunyai kinerja yang lebih baik dalam menghasilkan aturan asosiasi jika dibandingkan dengan Algoritma Apriori. Dalam penelitian ini juga memanfaatkan Association Rules seperti Cross-Selling dan Up-Selling. Pada asosiasi ini, bisnis dapat menerapkan strategi penjualan silang yang efektif, menawarkan produk tambahan atau peningkatan yang relevan kepada pelanggan, sehingga dapat meningkatkan pendapatan pada penjualan pupuk di PT. Pupuk Kujang.

Kata kunci: Bisnis, Association Rule, Algoritma Apriori, Algoritma Fp-Growth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ifa Musdalifah, Arief Jananto., “Analisis Perbandingan Algoritma Apriori Dan FP-Growth Dalam Pembentukan Pola Asosiasi Keranjang Belanja Pelanggan,” Vol. 18, No. 2, Agustus 2022

F. A. Saputra and A. Iskandar, “Data Mining Penerapan Asosiasi Apriori Dalam Penentuan Pola Penjualan,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 4, no. 4, pp. 778–788, Aug. 2023, doi: 10.47065/josyc.v4i4.4043.

A. Wahyudi Oktavia Gama, N. Made Widnyani, and P. Suparna, “Implementasi Data Mining Pada Perpustakaan Untuk Penentuan Tata Letak Buku Dalam Menarik Minat Baca Implementation of Data Mining in Libraries for Determining Book Layout in Attracting Reading Interest,” 2022.

A. Anggrawan, M. Mayadi, and C. Satria, “Menentukan Akurasi Tata Letak Barang dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Algoritma FP-Growth,” MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, vol. 21, no. 1, pp. 125–138, Nov. 2021, doi: 10.30812/matrik.v21i1.1260.

M. Fathurrahman, A. Rizky Pratama, T. Al-Mudzakir, and U. Buana Perjuangan, “Perbandingan Algoritma Apriori Dan Fp Growth Terhadap Market Basket Analysis Pada Data Penjualan Bakery,” 2023.

R. Noviana, A. Hermawan, and D. Avianto, “Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori dan FP Growth untuk Menentukan Pola Pembelian Konsumen,” vol. 7, no. 3, pp. 1474–1482, 2023, doi: 10.30865/mib.v7i3.6304.

R. D. Widyarini, A. Suharso, A. Solehudin, J. H. S. Ronggowaluyo, and T. T. Karawang, “ASSOCIATION RULE PENGOLAHAN DATA TRANSAKSI TOKO BUNGA MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH UNTUK MENENTUKAN PROMOSI PAKET BUNGA (STUDI KASUS: FILLEA FLORIST),” 2023.

R. F. Haya and D. Ramadani, “Penerapan Data Mining dalam Analisis Pola Pembelian Minuman dan Makanan di Kantin SMAN 4 Langsa Menggunakan Algoritma FP-Growth,” vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.30743/infotekjar.v4i2.1826.

A. Wahyudi Oktavia Gama, N. Made Widnyani, and P. Suparna, “Implementasi Data Mining Pada Perpustakaan Untuk Penentuan Tata Letak Buku Dalam Menarik Minat Baca Implementation of Data Mining in Libraries for Determining Book Layout in Attracting Reading Interest,” 2022.

Damas Reza Pramuditya* , Mahendra Aji Wicaksana ,Dennis Kusuma, Ahmad Hanif Faiz. “ANALISIS STARTEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE ASSOSIATION RULE – MARKET BASKET ANALYSIS UNTUK MENENTUKAN KOMODITAS UTAMA PENJUALAN SERTA MENGOPTIMALKAN SUMBER DAYA AGAR DAPAT MEMENUHI PERMINTAAN PASAR (STUDI KASUS: FANRI COLLECTION YOGYAKARTA” Prosiding IENACO 2020 Teknik Industri UMS (18 Maret 2020)

H. D. Anggraeni, R. Saputra, S. Si, M. Cs, B. Noranita, and M. Kom, “APLIKASI DATA MINING ANALISIS DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (Studi Kasus di Apotek Setya Sehat Semarang),” 2013. [Online]. Available: http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/joint

N. F. Hasan, R. Hammad, D. E. Profesi, and K. Kusrini, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kombinasi Paket Produk Pertanian Menggunakan Algoritma Apriori,” Eksplora Informatika, vol. 9, no. 1, pp. 38–49, Sep. 2019, doi: 10.30864/eksplora.v9i1.261.

R. Amelia and D. P. Utomo, “ANALISA POLA PEMESANAN PRODUK MODERN TRADE INDEPENDENT DENGAN MENEREPAKAN ALGORITMA FP. GROWTH (STUDI KASUS: PT. ADAM DANI LESTARI),” KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), vol. 3, no. 1, Nov. 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1622.

R. F. Haya and D. Ramadani, “Penerapan Data Mining dalam Analisis Pola Pembelian Minuman dan Makanan di Kantin SMAN 4 Langsa Menggunakan Algoritma FP-Growth,” vol. 4, no. 2, 2020, doi: 10.30743/infotekjar.v4i2.1826.

H. F. Dewi, H. H. Handayani, J. Indra, T. Informatika, U. Buana, and P. Karawang, “IMPLEMENTASI ALGORITMA APRIORI TERHADAP MARKET BASKET ANALYSIS PADA DATA PENJUALAN RETAIL,” 2022.

R. Krisna, A. M. Siregar, and E. Nurlaelasari, “Penentuan Strategi Marketing Universitas Buana Perjuangan Karawang Menggunakan Association Rules Mining Dengan Algoritma Apriori,” vol. III, no. 1, p. 68, 2022, [Online]. Available: www.referensi.data.kemdikbud.go.id

Downloads

Published

2024-04-30