Pengembangan Alat Bantu Pembelajaran Pengenalan Bendera, Mata Uang dan Ibu Kota Negara di Asia Berbasis Multimedia Interaktif
DOI:
https://doi.org/10.31598/sacies.v7i2.194Keywords:
Multimedia Interaktif, efektifitas, Model Hannafin dan PeckAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk alat bantu pembelajaran pengenalan bendera, mata uang dan Ibu Kota Negara di Asia berbasis multimedia interaktif untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Prosedur pengembangan menggunakan model Hannafin dan Peck yang terdiri dari pada tiga tahap yaitu tahap analisis keperluan, tahap desain, tahap pengembangan dan implementasi. Hasil akhir produk yang dikembangkan selanjutnya dilakukan uji keefektifan. Keefektifan produk diketahui dengan cara membandingkan nilai pretest dan posttest menggunakan analisis inferensial uji-t. Sampel penelitian sebanyak 35 orang siswa. Uji perbedaan (uji-t) skor pretest dan posttest menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan multimedia interaktif yang dikembangkan. Hal ini membuktikan bahwa, multimedia interaktif yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
References
[2] Tegeh, I M., Nyoman Jampel & Ketut Pudjawan. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[3] Tegeh, I M., & Kirna, I M. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.