Opini Publik Pasca-Pemilihan Presiden: Eksplorasi Analisis Sentimen Media Sosial X Menggunakan SVM

Indonesia

Authors

  • khoirul Adib UIN Walisongo Semarang
  • Maya Rini Handayani UIN Walisongo Semarang
  • Wenty Dwi Yuniarti UIN Walisongo Semarang
  • Khotibul Umam UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31598/sintechjournal.v7i2.1581

Keywords:

Analisis Sentimen, Pasca Pemilihan Presiden, Support Vector Machine (SVM)

Abstract

Pemilihan Presiden di Indonesia seringkali menjadi pemicu perubahan dramatis dalam dinamika opini publik, terutama di era digital yang dipenuhi dengan suara yang tersebar di media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan perubahan sentimen publik pasca-pemilihan Presiden dengan menggunakan analisis media sosial, dengan fokus pada aplikasi X yang memiliki 24 juta pengguna aktif di Indonesia. Metode Support Vector Machine (SVM) digunakan untuk menganalisis dan mengklasifikasikan sentimen dengan akurat berdasarkan kata tweet yang sedang tren setelah pemilihan Presiden. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang perubahan opini publik pasca-pemilihan presiden, dengan menggambarkan dinamika sentimen masyarakat yang tercermin dalam media sosial. Kontribusi dari penelitian ini adalah pemetaan yang akurat tentang perubahan opini publik, yang dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pembuat kebijakan, analis politik, dan praktisi media sosial dalam merespons kebutuhan masyarakat di era digital ini. Hasil pengujian dengan menggunakan 3850 dengan karateristik dataset dengan menggunakan tiga kelas kata tweet yang sedang tren dari platform X menunjukkan tingkat akurasi tertinggi pada klasifikasi "Pemilu Damai" dengan 97.3%, "Hak Angket" dengan 96.5%, dan "Pemilu Curang" dengan 94.0%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Z.- Arman, “ANALISIS TERHADAP PENGUJIAN UNDANG-UNDANG NOMOR 42 TAHUN 2008 TENTANG PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN,” Jurnal Cahaya Keadilan, vol. 7, no. 1, p. 264, Apr. 2019, doi: 10.33884/jck.v7i1.1199.

D. P. Ray, F. N. Hasan, and A. R. Dzikrillah, “KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Analisis Sentimen Terhadap KPU 2024 Berdasarkan Tweet Media Sosial Twitter Menggunakan Algoritma Naïve Bayes,” Media Online, vol. 4, no. 4, pp. 2235–2243, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i4.1587.

W. Winarto, I. Alwiah Musdar, P. Studi Teknik Informatika, S. Kharisma Makassar, P. Studi Sistem Informasi, and U. Alauddin Makassar, “ANALISIS SENTIMEN BAKAL CALON PRESIDEN 2024 MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE PADA TWITTER”, [Online]. Available: https://jurnal.kharisma.ac.id/kharismatech

Downloads

Published

2024-08-31