PERANCANGAN IKON BANGUNAN BERSEJARAH DI SURABAYA

Penulis

  • Satrya Dirgantara Universitas Bina Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i2.1063

Kata Kunci:

ikon, vector, bangunan bersejarah, Surabaya

Abstrak

Surabaya merupakan kota besar yang sedang berkembang dan kerap melakukan pembangunan Gedung serta tempat-tempat yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian. Meskipun dikenal sebagai kota metropolitan, namun Surabaya memiliki banyak peninggalan bangunan bersejarah zaman kolonial yang masih kokoh berdiri hingga saat ini. Penelitian ini mengangkat 5 bangunan bersejarah di kota Surabaya untuk dirancang desain ikonnya. Bangunan tersebut antara lain Tugu Pahlawan, Balai Pemuda Surabaya, Balai Kota Surabaya, De Javasche Bank, dan Kantor Pos Kebonrojo. Tujuannya adalah untuk mengimplementasikan bangunan bersejarah ini dalam bentuk vector ikonik. Fungsi dari perancangan ini adalah untuk merancang bentuk simbolis berupa ikon dari bangunan bersejarah di kota Surabaya. Perancangan dilakukan melalui pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan studi Pustaka. Melalui perancangan ini, bangunan bersejarah di Surabaya dapat diimplementasikan kedalam bentuk ikon vector.  

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Nursyahbani and B. Pigawati, “Kajian Karakteristik Kawasan Pemukiman Kumuh di Kampung Kota (Studi Kasus: Kampung Gandekan Semarang),” J. Tek. PWK, vol. 4, no. 2, pp. 267–281, 2015, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/214472-kajian-karakteristik-kawasan-pemukiman-k.pdf.

R. D. W. Putra, “Identifikasi Kelestarian Kawasan Kota Lama Melalui Proteksi Bangunan Cagar Budaya Oleh Pemerintah Kota Surabaya,” J. Pengemb. Kota, vol. 4, no. 2, pp. 139–150, 2016, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/315909511_Identifikasi_Kelestarian_Kawasan_Kota_Lama_Melalui_Proteksi_Bangunan_Cagar_Budaya_Oleh_Pemerintah_Kota_Surabaya/link/58ed033f0f7e9bf619bb05b9/download.

J. Hilman, “Perancangan Ilustrasi Buku Berjudul ‘Billy dan Dunia Permen,’” Universitas Negeri Semarang, 2019.

A. Male, Illustration: A Theoretical and Contextual Perpsective. Bloomsburry Publishing, 2017.

A. A. Sendari, “Dokumentasi adalah Bukti Resmi, Tujuan, Fungsi dan Perannya,” liputan6.com, 2022. https://hot.liputan6.com/read/4870090/dokumentasi-adalah-bukti-resmi-tujuan-fungsi-dan-perannya.

P. McNeil, The Designer’s Web Handbook: What You Need to Know to Create for the Web. HOW Books, 2012.

R. Julian and B. A. Hananto, “Perancangan Ilustrasi Buku ‘The Naked Traveler, Across The Indonesian Archipelago,’” JSRW, vol. 6, no. 1, pp. 7–15, 2018.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D,” in ke-26, 2018.

Bappeko, “Museum 10 Nopember dan Monumen Tugu Pahlawan,” Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, 2022. https://bappeko.surabaya.go.id/ecobis/wisata/kategori-detail/2#:~:text=Tugu Pahlawan didirikan pada tanggal,10 Nopember 1945 di Surabaya.

Surabayastory, “Menelisik Jejak Lain Simpangche Societeit Surabaya,” Surabayastory.com, 2018. https://surabayastory.com/2018/10/31/menelisik-jejak-lain-simpangche-societeit-surabaya/.

I. N. W. Adnyana, I. W. A. P. Yasa, and I. N. Jayanegara, “Implementasi Pembangunan Berkelanjutan Melalui Perancangan Game Pengenalan Bahasa Bali Bagi Anak-Anak,” in Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2020, pp. 240–245.

B. A. Hananto, J. R. K. Hadi, K. O. Hernawan, and N. C. Gondo, “Evaluasi Metodologi Desain Dalam Simulasi Perancangan Ulang Sistem Tanda Untuk Pengguna Transportasi Umum,” Bhs. Rupa, vol. 4, no. 1, pp. 61–70, 2020.

D. Hasanudin and O. Adityawan, “Perkembangan Flat Design dalam Web Design dan User Interface (UI),” Pantun J. Ilm. Seni Budaya, vol. 5, no. 2, pp. 1234–144, 2020.

A. Listya, “Konsep dan Penggunaan Warna Dalam Infografis,” J. Desain, vol. 6, no. 1, pp. 10–19, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-04-21