KENDAL CITY BRANDING
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1249Kata Kunci:
City branding, logo kendal, kearifan lokal, semiotikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis makna dalam simbol-simbol pada logo Kendal. Pada tahun 2021 kabupaten Kendal meluncurkan program city branding melalui Kendal Handal “Beautiful Land Good Bussines. Logo adalah simbol yang mewakili seseorang dan digunakan untuk menggambarkan citra atau karakter suatu lembaga, perusahaan atau organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori ikonografi dan ikonologi oleh Erwin Panofsky untuk mengungkap makna logo melalui aspek estetika dalam perancangannya. Pendekatan semiotika oleh Charles Sanders Peirce diperlukan untuk mengkaji secara mendalam tehadap elemen-elemen yang terdapat pada logo Kendal. Berdasarkan hasil analisis, logo Kendal sangat mengekspos nilai-nilai lokal yang khas daerahnya. Hal tersebut ditunjukkan dari penggunaan warna dan keragaman ikon-ikon yang tampak ramai dan bertumpuk-tumpuk di tengah popularitas logo yang menampilkan konsep kesederhanaan (simplicity). Dapat disimpulkan bahwa tanda-tanda yang terdapat pada unsur-unsur logo Kendal sejalan dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Kendal yaitu menjadi pusat industri dan wisata unggulan. Pemaknaan dari bentuk logo bukanlah sesuatu yang statis, hal tersebut tentunya akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi di dalamnya. Logo Kendal Handal merupakan salah satu bagian dari dinamika yang ada dan mewakili kondisi geografi, histori dan budaya pada setiap jamannya.
Unduhan
Referensi
S. Anholt, Competitive identity: The new brand management for nations, cities and regions. USA: Palgrave Macmillan, 2006.
Mihalis. Kavaratzis, “From City Marketing to City branding; An Interdisciplinery Analysis with Reference to Amsterdam, Budapest and Athens,” University of Groningen, 2008.
A. Riyadi, “Dico Launching Logo dan Slogan Kendal Handal,” GATRA, Kendal, 2021.
S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Utama Pustaka, 2013.
R. Permana and Yusmawati, “Semiotika Visual Logo Bumbu Bamboe dan Perannya sebagai Identitas Perusahaan,” SOSIOHUMANIORA J. Ilm. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 8, pp. 96–103, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio.
R. K. Anwar, I. A. Hapsari, and D. Sinaga, “Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,” J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. 6, no. 2, pp. 123–138, 2018, doi: 10.24198/jkip.v6i2.15689.
I. G. A. N. Wijayanti, “Analisis Semiotika Logo PT. WijayaTribwana International,” in Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2019, pp. 266–271.
I. Hasbi, “Semiotika Lambang Bulan Bintang Bersinar Lima sebagai Media Dakwah Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (Studi Kasus pada Organisasi Nahdlatul Wathan),” Schemata J. Pascasarj. UIN Mataram, vol. 10, no. 2, pp. 199–218, 2021, [Online]. Available: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata.
I. Soraya and A. Setyawan, “Reposisi Citra melalui Logo Baru Gojek,” J. Komun., vol. 2, pp. 129–136, 2020, doi: https://10.31294/jkom.
F. Muhammad and I. Flowerina, “Penyampaian Makna Dan Identitas Dari Logo Baru Museum Sumpah Pemuda Jakarta Sebagai Bentuk Komunikasi Visual,” J. Penelit. Dan Pengkaj. Ilm. Sos. Budaya, vol. 01, no. 02, pp. 291–300, 2022, doi: https://doi.org/10.47233/jppisb.vli2.443.
R. Auliazmi, “Analisis Logo Perusahaan Meta Bright Vision Menggunakan Teori Semiotik,” VCD (Journal Vis. Commun. Des., vol. 4, pp. 32–40, 2019.
S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.
I. Sapa’at and N. Kurniasih, “The Interpretation And Applied Strategies Of Logo And Tagline Of Circle Shoes Brand A Study of Semiotics and Semantics,” Apollo Proj., vol. 7, no. 1, pp. 23–30, 2018.
A. Sobur, Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
E. Bartomeu Magaña, “The Logo Type,” Quest. Public., vol. 2, no. 23, pp. 21–30, 2019, doi: 10.5565/rev/qp.315.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dwi Ismiati, Anung Rachman, Aris Setiawan
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.