KENDAL CITY BRANDING

Penulis

  • Dwi Ismiati Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Anung Rachman Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Aris Setiawan Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1249

Kata Kunci:

City branding, logo kendal, kearifan lokal, semiotika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis makna dalam simbol-simbol pada logo Kendal. Pada tahun 2021 kabupaten Kendal meluncurkan program city branding melalui Kendal Handal “Beautiful Land Good Bussines. Logo adalah simbol yang mewakili seseorang dan digunakan untuk menggambarkan citra atau karakter suatu lembaga, perusahaan atau organisasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teori ikonografi dan ikonologi oleh Erwin Panofsky untuk mengungkap makna logo melalui aspek estetika dalam perancangannya. Pendekatan semiotika oleh Charles Sanders Peirce diperlukan untuk mengkaji secara mendalam tehadap elemen-elemen yang terdapat pada logo Kendal. Berdasarkan hasil analisis, logo Kendal sangat mengekspos nilai-nilai lokal yang khas daerahnya. Hal tersebut ditunjukkan dari penggunaan warna dan keragaman ikon-ikon yang tampak ramai dan bertumpuk-tumpuk di tengah popularitas logo yang menampilkan konsep kesederhanaan (simplicity). Dapat disimpulkan bahwa tanda-tanda yang terdapat pada unsur-unsur logo Kendal sejalan dengan visi dan misi pemerintah Kabupaten Kendal yaitu menjadi pusat industri dan wisata unggulan. Pemaknaan dari bentuk logo bukanlah sesuatu yang statis, hal tersebut tentunya akan berubah-ubah sesuai dengan kondisi di dalamnya. Logo Kendal Handal merupakan salah satu bagian dari dinamika yang ada dan mewakili kondisi geografi, histori dan budaya pada setiap jamannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Anholt, Competitive identity: The new brand management for nations, cities and regions. USA: Palgrave Macmillan, 2006.

Mihalis. Kavaratzis, “From City Marketing to City branding; An Interdisciplinery Analysis with Reference to Amsterdam, Budapest and Athens,” University of Groningen, 2008.

A. Riyadi, “Dico Launching Logo dan Slogan Kendal Handal,” GATRA, Kendal, 2021.

S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Utama Pustaka, 2013.

R. Permana and Yusmawati, “Semiotika Visual Logo Bumbu Bamboe dan Perannya sebagai Identitas Perusahaan,” SOSIOHUMANIORA J. Ilm. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 8, pp. 96–103, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio.

R. K. Anwar, I. A. Hapsari, and D. Sinaga, “Analisis semiotik Charles Sanders Pierce mengenai logo baru Perpustakaan Nasional Republik Indonesia,” J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. 6, no. 2, pp. 123–138, 2018, doi: 10.24198/jkip.v6i2.15689.

I. G. A. N. Wijayanti, “Analisis Semiotika Logo PT. WijayaTribwana International,” in Prosiding Seminar Nasional Desain dan Arsitektur (SENADA), 2019, pp. 266–271.

I. Hasbi, “Semiotika Lambang Bulan Bintang Bersinar Lima sebagai Media Dakwah Tuan Guru Kyai Haji Muhammad Zainuddin Abdul Madjid (Studi Kasus pada Organisasi Nahdlatul Wathan),” Schemata J. Pascasarj. UIN Mataram, vol. 10, no. 2, pp. 199–218, 2021, [Online]. Available: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata.

I. Soraya and A. Setyawan, “Reposisi Citra melalui Logo Baru Gojek,” J. Komun., vol. 2, pp. 129–136, 2020, doi: https://10.31294/jkom.

F. Muhammad and I. Flowerina, “Penyampaian Makna Dan Identitas Dari Logo Baru Museum Sumpah Pemuda Jakarta Sebagai Bentuk Komunikasi Visual,” J. Penelit. Dan Pengkaj. Ilm. Sos. Budaya, vol. 01, no. 02, pp. 291–300, 2022, doi: https://doi.org/10.47233/jppisb.vli2.443.

R. Auliazmi, “Analisis Logo Perusahaan Meta Bright Vision Menggunakan Teori Semiotik,” VCD (Journal Vis. Commun. Des., vol. 4, pp. 32–40, 2019.

S. Rustan, Mendesain Logo. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama, 2009.

I. Sapa’at and N. Kurniasih, “The Interpretation And Applied Strategies Of Logo And Tagline Of Circle Shoes Brand A Study of Semiotics and Semantics,” Apollo Proj., vol. 7, no. 1, pp. 23–30, 2018.

A. Sobur, Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

E. Bartomeu Magaña, “The Logo Type,” Quest. Public., vol. 2, no. 23, pp. 21–30, 2019, doi: 10.5565/rev/qp.315.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-29