DESAIN SIGN SYSTEM SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI LINGKUNGAN LPI DARUSSALAM SURABAYA

Penulis

  • Masnuna Masnuna Universitas Pembangunan Nasional "Veteran"

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1262

Kata Kunci:

sign system, desain, sekolah, lpi darussalam

Abstrak

Lembaga Pendidikan Islam Darussalam memiliki kelompok belajar KB, PPT, TK, dan TPA. Lingkungan gedungnya belum dilengkapi tata lingkungan yang kondusif, dengan banyaknya kelompok belajar dan jumlah siswa membuat siswa kurang merasa nyaman dan aman. Padahal setiap sudut di LPI Darussalam dapat dijadikan wahana dalam pembelajaran untuk perkembangan kemampuan dasar tumbuh anak. LPI Darussalam membutuhkan sign system sebagai media informasi petunjuk ruang, penanda ruang, dan himbauan untuk menunjang proses belajar siswa dengan menggunakan tahap pra produksi meliputi strategi desain, strategi komunikasi, strategi kreatif, dan strategi media, tahap produksi meliputi konsep visual, dan tahap pasca produksi meliputi implementasi media. Dengan demikian sign system dapat dijadikan pembelajaran dan tumbuh kembang anak dalam aspek bahasa, seni, motorik, dan kognitif, sehingga murid merasa aman dan nyaman ketika belajar disekolah .

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

. T. Ariyanti, “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak,” J. Din. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 57–58, 2016.

R. Mariyana and O. Setiasih, “Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak,” PEDAGOGIA, vol. 15, p. 241, Apr. 2018, doi: 10.17509/pdgia.v15i3.11020.

M. Baliya Bin Mulkhan, D. Komunikasi Visual, F. Arsitektur dan Desain, U. Pembangunan Nasional, J. Timur JlRaya Rungkut Madya, and G. Anyar, “Desain Poster Sebagai Media Promosi Buku ‘Aku Gemar Bela Negara’ Untuk Anak Usia 4-6 Tahun,” Online) SENADA, vol. 5, pp. 64–71, 2022, [Online]. Available: http://senada.idbbali.ac.id

S. Tinarbuko, Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra, 2009.

A. Sachari, Seni Rupa Dan Desain. Jakarta: Gelora Aksara Pratama Erlangga., 2004.

G. Tanuwidjaja, Evaluasi Sistem Wayfinding pada Gedung Universitas. Surabaya: Universitas Kristen Petra., 2012.

Masnuna, “Desain Sign Sistem Badan Usaha Milik Desa Berbek (BUMBER),” Ars J. Seni Rupa dan Desain, vol. 24, no. 3, p. 78, 2021, [Online]. Available: https://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/view/4449%0Ahttps://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/download/4449/2517

A. P. Pradana and M. Masnuna, “Ilustrasi Buku Ensiklopedia Burung Rangkong Di Indonesia,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 7, no. 01, pp. 28–43, 2021, doi: 10.33633/andharupa.v7i01.3537.

. M. and I. R. Okalia, “Strategi Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun Melalui Buku Cerita Bergambar Tentang Rukun Iman Dan Rukun Islam,” Ars J. Seni Rupa dan Desain, vol. 23, no. 1, pp. 13–21, 2020, doi: 10.24821/ars.v23i1.3798.

A. R. Masnuna, Danna Norisa Putriyani, “Buku Ilustrasi Interaktif Tari Thengul Khas Bojonegoro sebagai Media Pengenalan pada Anak,” J. Ilmu Komput. dan Desain Komun. Vis., vol. 5, no. 2, pp. 55–67, 2020.

M. Masnuna, “Public Service Announcements Reducing Game Impact On Children,” 2019. doi: 10.2991/iconarc-18.2019.75.

F. I. Perdana, M. Masnuna, and D. Aqidatun Nisa, “Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Seni Jaranan Kediri Untuk Anak Usia 7 – 11 Tahun,” DeKaVe, vol. 1, no. 2, pp. 12–20, 2021, doi: 10.24821/dkv.v1i2.6236.

Eki, “Mengenal Lebih Dalam Tentang Anemometer.” 2022. [Online]. Available: https://www.alatuji.com/article/detail/450/mengenal-anemometer-alat-uji

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-29