DESAIN SIGN SYSTEM SEBAGAI MEDIA INFORMASI DI LINGKUNGAN LPI DARUSSALAM SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1262Kata Kunci:
sign system, desain, sekolah, lpi darussalamAbstrak
Lembaga Pendidikan Islam Darussalam memiliki kelompok belajar KB, PPT, TK, dan TPA. Lingkungan gedungnya belum dilengkapi tata lingkungan yang kondusif, dengan banyaknya kelompok belajar dan jumlah siswa membuat siswa kurang merasa nyaman dan aman. Padahal setiap sudut di LPI Darussalam dapat dijadikan wahana dalam pembelajaran untuk perkembangan kemampuan dasar tumbuh anak. LPI Darussalam membutuhkan sign system sebagai media informasi petunjuk ruang, penanda ruang, dan himbauan untuk menunjang proses belajar siswa dengan menggunakan tahap pra produksi meliputi strategi desain, strategi komunikasi, strategi kreatif, dan strategi media, tahap produksi meliputi konsep visual, dan tahap pasca produksi meliputi implementasi media. Dengan demikian sign system dapat dijadikan pembelajaran dan tumbuh kembang anak dalam aspek bahasa, seni, motorik, dan kognitif, sehingga murid merasa aman dan nyaman ketika belajar disekolah .
Unduhan
Referensi
. T. Ariyanti, “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak,” J. Din. Pendidik. Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 57–58, 2016.
R. Mariyana and O. Setiasih, “Penataan Lingkungan Belajar Terpadu Untuk Meningkatkan Potensi Kecerdasan Jamak Anak,” PEDAGOGIA, vol. 15, p. 241, Apr. 2018, doi: 10.17509/pdgia.v15i3.11020.
M. Baliya Bin Mulkhan, D. Komunikasi Visual, F. Arsitektur dan Desain, U. Pembangunan Nasional, J. Timur JlRaya Rungkut Madya, and G. Anyar, “Desain Poster Sebagai Media Promosi Buku ‘Aku Gemar Bela Negara’ Untuk Anak Usia 4-6 Tahun,” Online) SENADA, vol. 5, pp. 64–71, 2022, [Online]. Available: http://senada.idbbali.ac.id
S. Tinarbuko, Semiotika Komunikasi Visual. Yogyakarta: Jalasutra, 2009.
A. Sachari, Seni Rupa Dan Desain. Jakarta: Gelora Aksara Pratama Erlangga., 2004.
G. Tanuwidjaja, Evaluasi Sistem Wayfinding pada Gedung Universitas. Surabaya: Universitas Kristen Petra., 2012.
Masnuna, “Desain Sign Sistem Badan Usaha Milik Desa Berbek (BUMBER),” Ars J. Seni Rupa dan Desain, vol. 24, no. 3, p. 78, 2021, [Online]. Available: https://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/view/4449%0Ahttps://journal.isi.ac.id/index.php/ars/article/download/4449/2517
A. P. Pradana and M. Masnuna, “Ilustrasi Buku Ensiklopedia Burung Rangkong Di Indonesia,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 7, no. 01, pp. 28–43, 2021, doi: 10.33633/andharupa.v7i01.3537.
. M. and I. R. Okalia, “Strategi Media Pembelajaran Anak Sekolah Dasar Usia 7-9 Tahun Melalui Buku Cerita Bergambar Tentang Rukun Iman Dan Rukun Islam,” Ars J. Seni Rupa dan Desain, vol. 23, no. 1, pp. 13–21, 2020, doi: 10.24821/ars.v23i1.3798.
A. R. Masnuna, Danna Norisa Putriyani, “Buku Ilustrasi Interaktif Tari Thengul Khas Bojonegoro sebagai Media Pengenalan pada Anak,” J. Ilmu Komput. dan Desain Komun. Vis., vol. 5, no. 2, pp. 55–67, 2020.
M. Masnuna, “Public Service Announcements Reducing Game Impact On Children,” 2019. doi: 10.2991/iconarc-18.2019.75.
F. I. Perdana, M. Masnuna, and D. Aqidatun Nisa, “Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Seni Jaranan Kediri Untuk Anak Usia 7 – 11 Tahun,” DeKaVe, vol. 1, no. 2, pp. 12–20, 2021, doi: 10.24821/dkv.v1i2.6236.
Eki, “Mengenal Lebih Dalam Tentang Anemometer.” 2022. [Online]. Available: https://www.alatuji.com/article/detail/450/mengenal-anemometer-alat-uji
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Masnuna
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.