IDENTITAS VISUAL DALAM PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MUSEUM MELANGE KARANGSAMBUNG, KEBUMEN

Penulis

  • Nur Hamidatur Rohmah Institut Seni Indonesia Surakarta
  • Brilindra Pandanwangi Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i3.1392

Kata Kunci:

Identitas visual, promosi, Museum Melange, Branding, Media promosi

Abstrak

Ketiadaan identitas visual pada Museum Melange Karangsambung yang merupakan tempat konservasi kebumian dengan keberagaman koleksi situs warisan geologi (Geosite) berskala Nasional maupun Internasional menyebabkan belum mampunya museum ini dalam merepresentasikan identitasnya yang menjadi pembeda dengan museum lain. Oleh karena itu, diperlukan perancangan identitas visual untuk membangun dan memperkuat identitas Museum Melange Karangsambung, Kebumen. Dalam proses perancangan menggunakan metode penciptaan design thinking, dimulai dengan pengumpulan data (studi literatur, observasi, dan wawancara). Perancangan ini menghasilkan identitas visual yang digunakan dalam media promosi dengan strategi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan, Share). Media promosi yang digunakan yaitu media sosial instagram dan diberbagai media seperti: alat peraga edukasi, wristband, seragam pengelola, stationery kit, dan merchandise untuk menarik minat masyarakat umum untuk berkunjung ke Museum Melange.

 

Kata Kunci: Museum Melange, Identitas visual, promosi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. Darmawanto, Desain Komunikasi Visual II Perancangan Identitas Visual, 1st ed. Jl. Taman Siswa No.09 Tahunan Jepara, Jawa Tengah: UNISNU PRESS, 2019.

F. Casofa and A. Isa, Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Jl. Sawo Raya No.18 Jakarta 13220: Bumi Aksara, 2022.

M. Ainurrofiqin, 99 Strategi Branding di Era 4.0: Kupas Tuntas Metode Jitu Membangun Citra Baik, Meyakinkan Pelanggan, dan Membangun Kesadaran Merek. Anak Hebat Indonesia, 2021.

Kompas Media, “LIPI Dilebur ke BRIN, Bagaimana Skema Integrasi Pegawainya?,” KOMPAS.com. Accessed: Mar. 17, 2023. [Online]. Available: https://nasional.kompas.com/read/2022/01/03/12361361/lipi-dilebur-ke-brin-bagaimana-skema-integrasi-pegawainya

Pemerintah Kabupaten Kebumen, “Masuk Urutan ke Tiga, Karangsambung-Karangbolong Tahun Ini Diupayakan Masuk Global Geopark UNESCO,” Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kebumen. Accessed: Mar. 03, 2023. [Online]. Available: https://www.kebumenkab.go.id/index.php/web/news_detail/2/6971

T. Sriwahyuni and Basnendar H.P., “Blue Fire Sebagai Sumber Ide Perancangan Identitas Visual Dan Promosi Ijen Batik Di Bondowoso Melalui Desain Komunikasi Visual,” CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, 2020, doi: 10.33153/citrawira.v1i2.3522.

M. A. Kurniansyah and E. A. B. Oemar, “Perancangan Identitas Visual Dan Penerapannya Dalam Media Promosi Museum Anjuk Ladang,” Barik - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, vol. 3, no. 1, pp. 97–110, 2021.

I. Mafruhah, Djoko Suharjanto, Nunung Sri Mulyani, and dkk, Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekologi & Edukasi, Cetakan pertama. Wirokerten RT.002 Desa Wirokerten Banguntapan Bantul Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2021.

A. S. Hussein, Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis, Cetakan Pertama. Jl. Veteran 10-11 Malang 65145 Indonesia: Universitas Brawijaya Press, 2018.

D. Munandar, DIGITAL MARKETING. Jl. Jemurwonosari 1/39, Wonocolo, Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.

“Digital 2023: Indonesia,” DataReportal – Global Digital Insights. Accessed: Mar. 26, 2023. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia

I. S. Mulya, D. Hernawan, and M. Fitriah, “pengembangan pariwisata kabupaten sukabumi melalui tagline gurilapss pesona sukabumi,” JURNAL KOMUNIKATIO, vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2020, doi: 10.30997/jk.v6i2.3360.

Purwantoro, “Museum Melange Karangsambung,” Apr. 14, 2023.

H. Muallimah, “KAJIAN PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI AISAS TERHADAP PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL,” Kreatif : Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2021, doi: 10.53580/files.v3i02.30.

S. M. Mahmudah and M. Rahayu, “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan,” Jurnal Komunikasi Nusantara, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, May 2020, doi: 10.33366/jkn.v2i1.39.

C. Spina, “Accessible and engaging graphic design,” Public Services Quarterly, vol. 16, no. 3, pp. 194–199, Jul. 2020, doi: 10.1080/15228959.2020.1772168.

H.-A. B. Epstein, “Logos and Signatures: An Important Element of Outreach,” Journal of Hospital Librarianship, vol. 20, no. 1, pp. 72–77, Jan. 2020, doi: 10.1080/15323269.2020.1702844.

J. Barbour, R. Gill, and J. Barge, “Organizational Communication Design Logics: A Theory of Communicative Intervention and Collective Communication Design,” Communication Theory, vol. 28, Apr. 2018, doi: 10.1093/ct/qtx005.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31