IDENTITAS VISUAL DALAM PERANCANGAN MEDIA PROMOSI MUSEUM MELANGE KARANGSAMBUNG, KEBUMEN
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i3.1392Kata Kunci:
Identitas visual, promosi, Museum Melange, Branding, Media promosiAbstrak
Ketiadaan identitas visual pada Museum Melange Karangsambung yang merupakan tempat konservasi kebumian dengan keberagaman koleksi situs warisan geologi (Geosite) berskala Nasional maupun Internasional menyebabkan belum mampunya museum ini dalam merepresentasikan identitasnya yang menjadi pembeda dengan museum lain. Oleh karena itu, diperlukan perancangan identitas visual untuk membangun dan memperkuat identitas Museum Melange Karangsambung, Kebumen. Dalam proses perancangan menggunakan metode penciptaan design thinking, dimulai dengan pengumpulan data (studi literatur, observasi, dan wawancara). Perancangan ini menghasilkan identitas visual yang digunakan dalam media promosi dengan strategi AISAS (Attention, Interest, Search, Action, dan, Share). Media promosi yang digunakan yaitu media sosial instagram dan diberbagai media seperti: alat peraga edukasi, wristband, seragam pengelola, stationery kit, dan merchandise untuk menarik minat masyarakat umum untuk berkunjung ke Museum Melange.
Kata Kunci: Museum Melange, Identitas visual, promosi
Unduhan
Referensi
E. Darmawanto, Desain Komunikasi Visual II Perancangan Identitas Visual, 1st ed. Jl. Taman Siswa No.09 Tahunan Jepara, Jawa Tengah: UNISNU PRESS, 2019.
F. Casofa and A. Isa, Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Jl. Sawo Raya No.18 Jakarta 13220: Bumi Aksara, 2022.
M. Ainurrofiqin, 99 Strategi Branding di Era 4.0: Kupas Tuntas Metode Jitu Membangun Citra Baik, Meyakinkan Pelanggan, dan Membangun Kesadaran Merek. Anak Hebat Indonesia, 2021.
Kompas Media, “LIPI Dilebur ke BRIN, Bagaimana Skema Integrasi Pegawainya?,” KOMPAS.com. Accessed: Mar. 17, 2023. [Online]. Available: https://nasional.kompas.com/read/2022/01/03/12361361/lipi-dilebur-ke-brin-bagaimana-skema-integrasi-pegawainya
Pemerintah Kabupaten Kebumen, “Masuk Urutan ke Tiga, Karangsambung-Karangbolong Tahun Ini Diupayakan Masuk Global Geopark UNESCO,” Website Resmi Pemerintah Kabupaten Kebumen. Accessed: Mar. 03, 2023. [Online]. Available: https://www.kebumenkab.go.id/index.php/web/news_detail/2/6971
T. Sriwahyuni and Basnendar H.P., “Blue Fire Sebagai Sumber Ide Perancangan Identitas Visual Dan Promosi Ijen Batik Di Bondowoso Melalui Desain Komunikasi Visual,” CITRAWIRA : Journal of Advertising and Visual Communication, vol. 1, no. 2, Art. no. 2, 2020, doi: 10.33153/citrawira.v1i2.3522.
M. A. Kurniansyah and E. A. B. Oemar, “Perancangan Identitas Visual Dan Penerapannya Dalam Media Promosi Museum Anjuk Ladang,” Barik - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, vol. 3, no. 1, pp. 97–110, 2021.
I. Mafruhah, Djoko Suharjanto, Nunung Sri Mulyani, and dkk, Strategi Pengembangan Pariwisata Berbasis Ekologi & Edukasi, Cetakan pertama. Wirokerten RT.002 Desa Wirokerten Banguntapan Bantul Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2021.
A. S. Hussein, Metode Design Thinking untuk Inovasi Bisnis, Cetakan Pertama. Jl. Veteran 10-11 Malang 65145 Indonesia: Universitas Brawijaya Press, 2018.
D. Munandar, DIGITAL MARKETING. Jl. Jemurwonosari 1/39, Wonocolo, Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.
“Digital 2023: Indonesia,” DataReportal – Global Digital Insights. Accessed: Mar. 26, 2023. [Online]. Available: https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia
I. S. Mulya, D. Hernawan, and M. Fitriah, “pengembangan pariwisata kabupaten sukabumi melalui tagline gurilapss pesona sukabumi,” JURNAL KOMUNIKATIO, vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Oct. 2020, doi: 10.30997/jk.v6i2.3360.
Purwantoro, “Museum Melange Karangsambung,” Apr. 14, 2023.
H. Muallimah, “KAJIAN PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI AISAS TERHADAP PERANCANGAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL,” Kreatif : Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif, vol. 3, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2021, doi: 10.53580/files.v3i02.30.
S. M. Mahmudah and M. Rahayu, “Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan,” Jurnal Komunikasi Nusantara, vol. 2, no. 1, Art. no. 1, May 2020, doi: 10.33366/jkn.v2i1.39.
C. Spina, “Accessible and engaging graphic design,” Public Services Quarterly, vol. 16, no. 3, pp. 194–199, Jul. 2020, doi: 10.1080/15228959.2020.1772168.
H.-A. B. Epstein, “Logos and Signatures: An Important Element of Outreach,” Journal of Hospital Librarianship, vol. 20, no. 1, pp. 72–77, Jan. 2020, doi: 10.1080/15323269.2020.1702844.
J. Barbour, R. Gill, and J. Barge, “Organizational Communication Design Logics: A Theory of Communicative Intervention and Collective Communication Design,” Communication Theory, vol. 28, Apr. 2018, doi: 10.1093/ct/qtx005.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nur Hamidatur Rohmah, Brilindra Pandanwangi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.