Perancangan Ulang Desain Website Mamnich sebagai Media Promosi dan Edukasi UMKM fashion Etnik
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i1.1450Kata Kunci:
perancangan ulang desain website, website, metode design thinking, pengalaman pengguna, antarmuka pengguna, UMKMAbstrak
Mamnich adalah produsen pertama yang memproduksi dan menjual berbagai jenis fashion dengan tema etnik. Proses promosi dan transaksi Mamnich dilakukan mayoritas melalui media sosial, e-commerce, dan media offline. Padahal saat ini, para pebisnis mulai menggunakan media website untuk mempromosikan dan menjual produk melalui internet karena keuntungannya yang banyak. Website yang dimiliki Mamnich sendiri masih kurang optimal, padahal penggunaan website dapat memaksimalkan kegiatan promosi, transaksi, maupun edukasi brand Mamnich untuk menunjang pemasaran. Oleh karena itu, perancangan ulang desain website Mamnich perlu dilakukan untuk semakin memaksimalkan kegiatan promosi, transaksi, dan edukasi Mamnich. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode design thinking yang terdiri dari lima langkah yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode ini memastikan website yang dirancang bisa mengetahui dan memahami kebutuhan dan keinginan pengguna (empathize), menemukan masalah (define), memberikan solusi efektif (ideate), dan merancang desain website baru (prototype) yang pada akhirnya dibuktikan dapat menyelesaikan masalah pengguna dan memenuhi kebutuhan mereka (test). Berdasarkan dengan hasil wawancara pada tujuh pengguna website, dapat disimpulkan bahwa prototipe website Mamnich yang baru telah memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna.
Unduhan
Referensi
N. P. E. B. Lestari, N. A. Santosa, and A. R. Suharno, “Peran Ilustrasi Bertema Indonesia pada Produk Minuman Terhadap Respon Emosi Konsumen,” J. Bhs. Rupa, vol. 6, no. 1, pp. 11–19, Oct. 2022, doi: 10.31598/bahasarupa.v6i1.972.
G. Wibisono and W. E. Susanto, “Perancangan Website sebagai Media Informasi dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo,” Evolusi J. Sains dan Manaj., vol. 3, no. 2, pp. 64–69, 2015.
R. Garett, J. Chiu, L. Zhang, and S. D. Young, “A Literature Review: Website Design and User Engagement.,” Online J. Commun. media Technol., vol. 6, no. 3, pp. 1–14, Jul. 2016.
Y. Arisandy and R. Satriawan, “Promosi dalam Meningkatkan Volumen Penjualan TInjauan Manajemen Syariah,” AL-INTAJ , vol. 4, no. 1, pp. 74–88, 2018.
L. Knihová, “The Role of Educational Content in a Digital Marketing Strategy,” Commun. Today, vol. 12, no. 1, pp. 162–178, 2021.
J. Cummins, Promosi Penjualan. Jakarta: Binarupa Aksara, 1991.
W. Novianto, T. Murtono, and T. Hudha, “Pemasaran Seni Pertunjukan Rakyat di Indonesia Melalui Platform Digital Senipedia.Com,” Acintya J. Penelit. Seni Budaya, vol. 14, no. 2, pp. 194–204, Jan. 2023, doi: 10.33153/acy.v14i2.4575.
M. Wiryotinoyo, H. Budiyono, and A. Setyonegoro, “Pemanfaatan Website sebagai Media Promosi dan Sumber Belajar di Sekolah Menengah,” J. Abdi Pendidik., vol. 1, no. 1, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jap/article/view/12028
A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 2, pp. 219–237, Sep. 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1549.
I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, and S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” Edsence J. Pendidik. Multimed., vol. 2, no. 1, pp. 45–55, Oct. 2020, doi: 10.17509/edsence.v2i1.25131.
T. Brown and J. Wyatt, “Design Thinking for Social Innovation,” Dev. Outreach, vol. 12, no. 1, pp. 29–43, Jul. 2010, doi: 10.1596/1020-797X_12_1_29.
S. Soedewi, A. Mustikawan, and W. Swasty, “Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Website UMMKM Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, pp. 79–96, Oct. 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
M. H. Putro, D. Larasati, and D. Ratri, “Eksplorasi Metode Crowdsourcing dalam Upaya Pengarsipan Musik melalui Perancangan Web-Based Director,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 8, no. 2, pp. 139–155, Nov. 2022, doi: 10.33633/andharupa.v8i02.4398.
M. R. Wibowo and H. Setiaji, “Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” Automata, vol. 1, no. 2, 2020.
W. Wulandari and A. D. Y. Widiantoro, “Design Data Flow Diagram for Supporting the User Experience in Applications,” Int. J. Comput. Internet Manag., vol. 25, no. 2, pp. 14–20, 2017.
R. Raghavan, “Web Design for Generation Z: Understanding and Capturing The Digital Natives,” acodez.in. Accessed: Jan. 11, 2024. [Online]. Available: https://acodez.in/web-design-for-generation-z/
V. Karina Andira Putri, C. R. A. Bangun, D. Susilo, A. Kustiwa, and A. B. Obadyah, “Analysis of Celebrity Endorsement Usage Trends: A Systematic Literature Review,” J. Kaji. Media, vol. 7, no. 1, pp. 1–12, Sep. 2023, doi: 10.25139/jkm.v7i1.6710.
A. Ahmad and Nurhidaya, “Media Sosial dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial,” Avant Garde, vol. 8, no. 2, p. 134, Dec. 2020, doi: 10.36080/ag.v8i2.1158.
M. Nurhidayati, “Pelatihan Pengelolaan Sampah Plastik di Dusun Sumber Rejo Desa Lembeyan Wetan Kabupaten Magetan,” Amalee Indones. J. …, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.php/amalee/article/view/175
“Web Lama Mamnich,” Mamnich. 2022. [Online]. Available: https://mamnich.com/web
J. Zheng, “Sitemap explorer,” in Proceedings of the 2nd annual conference on Research in information technology, New York, NY, USA: ACM, Oct. 2013, pp. 63–64. doi: 10.1145/2512209.2512230.
“Website Baru Mamnich,” Mamnich. 2023. [Online]. Available: https://mamnich.id/preview
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Krishana Ekka Angela, Taufik Murtono
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.