Analisis Penggunaan Lego dalam Pembelajaran Sejarah Perang Kusamba untuk Anak Usia Dini

Penulis

  • I Nyoman Agus Suarya Putra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Putu Gede Surya Cipta Nugraha Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ni Wayan Wardani Okayama University

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i3.1569

Kata Kunci:

Media Belajar, Permainan, Lego, Kanya

Abstrak

Pengetahuan sejarah sangat baik ditanamkan sebagai pengetahuan pada anak usia dini di rentang  umur 4-6 tahun. Pengetahuan yang diambil pada penelitian ini adalah pengetahuan dari sebuah patung pahlawan yang bertempat di Desa Kusamba berwujud seorang wanita memegang lontar yang bernama I Dewa Agung Istri Kanya. Penelitian ini bertujuan sebagai sarana edukasi. Melalui sarana film animasi permainan lego diharapkan mampu memberikan edukasi sejarah dan mampu menjadi daya tarik visual dalam proses edukasi. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan memvisualisasikan ilustrasi toys story sejarah pahlawan yang dekat dengan selera anak anak. Selanjutnya Explorasi dan Eksperimen dilakukan terhadap karya dengan mendesain lego berkarakter dan berbusana Bali serta menciptakan setting tempat di tempat kejadian yaitu Goa Lawah dan Puri Klungkung. Teknik penggarapan mempergunakan teknik stop motion. Proses pembuatan film animasi dilakukan dalam tiga tahapan yaitu pra produksi, produksi serta pasca produksi. Pengujian dilakukan terhadap ahli Materi dan ahli media serta orang tua yang mendidik anak usia 4-6 tahun. Hasil 87% responden menyatakan layak sebagai media pembelajaran. Hasil catatan anekdot terhadap sampel anak usia dini, diperoleh adanya peningkatan pengetahuan dari belum berkembang menjadi berkembang sesuai harapan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Lestari and K. N. Fathiyah, “Analisis Pembelajaran dalam Meningkatkan Kemandirian pada Anak Usia 5-6 Tahun,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, pp. 398–405, 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3693.

A. N. Palupi, “Use of Manipulative Media as A Stimulation Of Ability To Understand The Concept of Early Children’s Age,” Early Child. Res. J., vol. 3, no. 2, pp. 41–57, 2021, doi: 10.23917/ecrj.v3i2.11414.

A. Fitria, “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Peroses Pembelajaran,” Cakrawala Dini, vol. 5, no. 2, p. 61, 2014, [Online]. Available: https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

A. (Amrulloh) Amrulloh and A. (Ari) Mulyoto, “Animasi Pembelajaran Interaktif untuk Anak 4-5 Tahun Berbasis Android,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 1, no. 2, pp. 38–42, 2016, [Online]. Available: https://www.neliti.com/publications/261221/

I. SUNDARI, Y. PUSPITA, and W. I. PURNAMA EKA SARI, “Pengaruh Bermain Konstruksi (Lego) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun,” J. Midwifery, vol. 11, no. 1, pp. 52–60, 2023, doi: 10.37676/jm.v11i1.4194.

A. D. Saputra and E. G. Limbong, “Visualisasi Karakter Pocong dan TUYUL PADA FILM ANIMASI KELUARGA Pendahuluan,” vol. 7, no. 1, pp. 1–11, 2019.

M. Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=LFFADwAAQBAJ&printsec=copyright&hl=id&source=gbs_pub_info_r#v=onepage&q&f=false

H. Kim, “Community and art: creative education fostering resilience through art,” Asia Pacific Educ. Rev., vol. 16, no. 2, pp. 193–201, 2015, doi: 10.1007/s12564-015-9371-z.

A. S. Burhan and M. L. Anggapuspa, “Analisis Makna Visual Pada Poster Film Bumi Manusia,” J. Barik, vol. 3, no. 1, pp. 235–247, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

D. Mutiah, Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia, 2010.

I. N. A. S. Putra and I. W. Mudra, “Digital learning media for early children based on local wisdom of the ‘Jagat Kertih,’” Int. J. Humanit. Lit. arts, vol. 5, no. 1, pp. 60–68, 2022, doi: 10.21744/ijhla.v5n1.2036.

I. G. Y. Pratama, “Kajian Bahasa Rupa Budaya Mesatua Bali Dalam Cerita Bergambar,” J. Bhs. Rupa, vol. 5, no. 1, pp. 112–121, 2021.

D. Krisbiantoro, S. W. Handani, and I. J. Falah, “Video animasi motion graphic Dan Tipografi kinetik sebagai media Sosialisasi Pencegahan virus Corona,” J. Bhs. Rupa, vol. 4, no. 2, pp. 125–133, 2021.

S. Tinarbuko, Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ISI Yogyakarta, 2017.

Adi Prasetyo dkk, Asesmen Pembelajaran Anak Usia Dini. Yogyakarta: Media Akademi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-31