Redesain Identitas Visual Pantai Panjang sebagai Media Penjenamaan Pariwisata Pesisir di Kota Bengkulu

Penulis

  • Sonde Martadireja Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i2.1664

Kata Kunci:

penjenamaan, identitas visual, pantai panjang, surat ulu, pariwisata

Abstrak

Penjenamaan didefinisikan sebagai proses penguatan produk melalui merek. Meskipun awalnya terkait erat dengan ekonomi, penjenamaan kini meluas ke berbagai bidang dan menjadi salah satu kunci penting dalam komunikasi modern. Penelitian ini berfokus pada redesain identitas visual Pantai Panjang di kota Bengkulu. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan lebih banyak potensi pariwisata pesisir Pantai Panjang melalui desain grafis yang terencana, sehingga mempermudah komunikasi visual dan mendukung strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penciptaan (produksi kreatif). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode fishbone digunakan untuk menganalisis data, yang kemudian diikuti dengan metode SMART untuk menentukan keputusan bentuk redesain yang tepat. Redesain ini dibuat berdasarkan unsur dan prinsip visual. Penggunaan unsur visual budaya tradisional (surat ulu) dan khas alam Bengkulu (bunga padma raksasa/rafflesia arnoldi) diperkuat dengan prinsip keseimbangan, penekanan, dan kesatuan. Hasil redesain mencakup logo yang dapat diimplementasikan pada media dalam dan luar ruang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed. England: Pearson Education Limited, 2016.

I. Satriani and M. R. A. Siregar, “Efektivitas Event Lomba Video Kreatif dan Menyanyi terhadap Citra Jenama Destinasi Tempat Wisata,” Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, vol. 6, no. 2, pp. 702–714, Dec. 2023, doi: 10.31539/kaganga.v6i2.8162.

B. Bungin, Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana, 2009.

O. Ariesta, “PERANCANGAN MASKOT ISI PADANGPANJANG SEBAGAI MEDIA BRANDING,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 3, no. 2, pp. 104–116, Apr. 2020, doi: 10.31598/bahasarupa.v3i2.490.

S. Adibrata, U. Umroh, F. Franto, and S. Fatimah, “Potensi Wisata Pesisir dengan Peningkatan Atraksi Wisata berbasis Sumberdaya Perairan Berkelanjutan,” Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, vol. 7, no. 4, pp. 445–460, 2023.

Y. Hisprastin and I. Musfiroh, “Ishikawa Diagram dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) sebagai Metode yang Sering Digunakan dalam Manajemen Risiko Mutu di Industri,” Majalah Farmasetika, pp. 1–9, 2021.

C. D. Jauhari and C. A. Jauhari, Mantra of Financial Freedom: A Complete Guide for Financial Planning, Tax Planning and Investing for Peaceful Retirement. Nation Press, 2021.

R. Iswanto, “Perancangan Buku Ajar Tipografi,” Nirmana, vol. 23, no. 2, pp. 123–129, Jul. 2023, doi: 10.9744/nirmana.23.2.123-129.

R. Maulana, Aksara-aksara di Nusantara: Seri Ensiklopedia. Yogyakarta: Samudra Biru, 2020.

B. Irawan and P. Tamara, Dasar-Dasar Desain. Depok: Griya Kreasi, 2013.

T. M. Yulianingsih, Jelajah Wisata Nusantara. Jakarta: Media Pressindo, 2017.

Y. Erlyana and Ressiani, “PERANCANGAN BUKU DESAIN KEMASAN ‘BASIC OF PACKAGING,’” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 06, no. 02, 2020, doi: 10.33633/andharupa.v6i02.3390.

G. R. Adhitya, A. K. Dewi, and I. W. Nuriarta, “PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PADA MEDIA PROMOSI EVENT OPEN STUDIO 7 DI FLORTO STUDIO,” AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, vol. 4, no. 01, pp. 68–75, Jan. 2023, doi: 10.59997/amarasi.v4i01.1949.

D. S. Donoriyanto, R. Indiyanto, N. R. Juliardi A. R., and Y. A. Syamsiah, “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X,” Jurnal Abdimas Peradaban, vol. 4, no. 1, pp. 42–50, May 2023, doi: 10.54783/ap.v4i1.22.

A. Setiawan and D. H. Yanuarsari, “PERANCANGAN TYPEFACE ‘MANTINGAN FONT’ DAN SIGN SYSTEM BERBASIS ORNAMEN MASJID MANTINGAN DI KABUPATEN JEPARA,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 5, no. 2, pp. 227–236, Apr. 2022, doi: 10.31598/bahasarupa.v5i2.1071.

S. Rahma, “Hambatan-Hambatan Komunikasi,” Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, vol. 1, no. 1, pp. 56–62, 2021.

A. R. Anandhyta and R. A. Kinseng, “Hubungan Tingkat Partisipasi dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat dalam Pengembangan Wisata Pesisir,” Jurnal Nasional Pariwisata, vol. 12, no. 2, p. 68, Oct. 2020, doi: 10.22146/jnp.60398.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30