Redesain Identitas Visual Pantai Panjang sebagai Media Penjenamaan Pariwisata Pesisir di Kota Bengkulu
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i2.1664Kata Kunci:
penjenamaan, identitas visual, pantai panjang, surat ulu, pariwisataAbstrak
Penjenamaan didefinisikan sebagai proses penguatan produk melalui merek. Meskipun awalnya terkait erat dengan ekonomi, penjenamaan kini meluas ke berbagai bidang dan menjadi salah satu kunci penting dalam komunikasi modern. Penelitian ini berfokus pada redesain identitas visual Pantai Panjang di kota Bengkulu. Tujuannya adalah untuk mengeluarkan lebih banyak potensi pariwisata pesisir Pantai Panjang melalui desain grafis yang terencana, sehingga mempermudah komunikasi visual dan mendukung strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penciptaan (produksi kreatif). Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode fishbone digunakan untuk menganalisis data, yang kemudian diikuti dengan metode SMART untuk menentukan keputusan bentuk redesain yang tepat. Redesain ini dibuat berdasarkan unsur dan prinsip visual. Penggunaan unsur visual budaya tradisional (surat ulu) dan khas alam Bengkulu (bunga padma raksasa/rafflesia arnoldi) diperkuat dengan prinsip keseimbangan, penekanan, dan kesatuan. Hasil redesain mencakup logo yang dapat diimplementasikan pada media dalam dan luar ruang.
Unduhan
Referensi
P. Kotler and K. L. Keller, Marketing Management, 15th ed. England: Pearson Education Limited, 2016.
I. Satriani and M. R. A. Siregar, “Efektivitas Event Lomba Video Kreatif dan Menyanyi terhadap Citra Jenama Destinasi Tempat Wisata,” Kaganga:Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, vol. 6, no. 2, pp. 702–714, Dec. 2023, doi: 10.31539/kaganga.v6i2.8162.
B. Bungin, Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana, 2009.
O. Ariesta, “PERANCANGAN MASKOT ISI PADANGPANJANG SEBAGAI MEDIA BRANDING,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 3, no. 2, pp. 104–116, Apr. 2020, doi: 10.31598/bahasarupa.v3i2.490.
S. Adibrata, U. Umroh, F. Franto, and S. Fatimah, “Potensi Wisata Pesisir dengan Peningkatan Atraksi Wisata berbasis Sumberdaya Perairan Berkelanjutan,” Jurnal Sumberdaya Akuatik Indopasifik, vol. 7, no. 4, pp. 445–460, 2023.
Y. Hisprastin and I. Musfiroh, “Ishikawa Diagram dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) sebagai Metode yang Sering Digunakan dalam Manajemen Risiko Mutu di Industri,” Majalah Farmasetika, pp. 1–9, 2021.
C. D. Jauhari and C. A. Jauhari, Mantra of Financial Freedom: A Complete Guide for Financial Planning, Tax Planning and Investing for Peaceful Retirement. Nation Press, 2021.
R. Iswanto, “Perancangan Buku Ajar Tipografi,” Nirmana, vol. 23, no. 2, pp. 123–129, Jul. 2023, doi: 10.9744/nirmana.23.2.123-129.
R. Maulana, Aksara-aksara di Nusantara: Seri Ensiklopedia. Yogyakarta: Samudra Biru, 2020.
B. Irawan and P. Tamara, Dasar-Dasar Desain. Depok: Griya Kreasi, 2013.
T. M. Yulianingsih, Jelajah Wisata Nusantara. Jakarta: Media Pressindo, 2017.
Y. Erlyana and Ressiani, “PERANCANGAN BUKU DESAIN KEMASAN ‘BASIC OF PACKAGING,’” ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, vol. 06, no. 02, 2020, doi: 10.33633/andharupa.v6i02.3390.
G. R. Adhitya, A. K. Dewi, and I. W. Nuriarta, “PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL PADA MEDIA PROMOSI EVENT OPEN STUDIO 7 DI FLORTO STUDIO,” AMARASI: JURNAL DESAIN KOMUNIKASI VISUAL, vol. 4, no. 01, pp. 68–75, Jan. 2023, doi: 10.59997/amarasi.v4i01.1949.
D. S. Donoriyanto, R. Indiyanto, N. R. Juliardi A. R., and Y. A. Syamsiah, “Optimalisasi Penggunaan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Online Store pada Pelaku UMKM di Kota X,” Jurnal Abdimas Peradaban, vol. 4, no. 1, pp. 42–50, May 2023, doi: 10.54783/ap.v4i1.22.
A. Setiawan and D. H. Yanuarsari, “PERANCANGAN TYPEFACE ‘MANTINGAN FONT’ DAN SIGN SYSTEM BERBASIS ORNAMEN MASJID MANTINGAN DI KABUPATEN JEPARA,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 5, no. 2, pp. 227–236, Apr. 2022, doi: 10.31598/bahasarupa.v5i2.1071.
S. Rahma, “Hambatan-Hambatan Komunikasi,” Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah, vol. 1, no. 1, pp. 56–62, 2021.
A. R. Anandhyta and R. A. Kinseng, “Hubungan Tingkat Partisipasi dengan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat dalam Pengembangan Wisata Pesisir,” Jurnal Nasional Pariwisata, vol. 12, no. 2, p. 68, Oct. 2020, doi: 10.22146/jnp.60398.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sonde Martadireja
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.