Perancangan Karakter Ilustrasi Pada Buku Edukasi Pupuk kompos Dari Sampah Organik

merancang karakter ilustrasi untuk buku edukasi lingkungan

Penulis

  • Eli suryani UNS Surakarta
  • Bedjo Riyanto UNS Surakarta
  • Sarwono Sarwono UNS Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i3.1688

Kata Kunci:

Ilustrasi Karakter, Buku edukasi, sampah organik

Abstrak

Sampah menjadi permasalahan yang serius di Indonesia, termasuk Kota Surakarta. Sampah terbagi menjadi dua jenis yaitu organik dan anorganik. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan tersebut harus ada media edukasi untuk masyarakat khususnya ibu-ibu yang memiliki peran utama pengolahan sampah dirumah. Perancangan ini bertujuan untuk merancang ilustrasi karakter untuk buku edukasi pupuk kompos dari sampah organik yang bertema lingkungan dan berkelanjutan untuk membantu penyampaian informasi edukatif tentang pembuatan pupuk kompos dari sampah organik. Perancangan ini berfokus pada ilustrasi karakter yang terinspirasi dari ketua ibu PKK yang akan digunakan pada buku edukasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Metode perancangan yang digunakan yaitu desain thinking. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. metode design thinking yang terdiri dari lima tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype dan testing. Data yang digunakan pada perancangan ini terdiri dari data pustaka, data dari ketua dan anggota pkk di Kelurahan jebres. Konsep ilustrasi karakter terinspirasi dari ibu ketua PKK RT 3 di Kelurahan Jebres yaitu ilustrasi karakter yang menghadirkan sosok perempuan dan memiliki ciri khas tersendiri. Hasil dari perancangan ini adalah berupa buku edukasi yang memiliki ukuran 14,8 cm x 21 cm cm dengan jumlah 33 halaman. Adapun karakter utama yang dirancang adalah sosok ibu rumah tangga yang kemudian dibuatkan 7 gaya atau gestur tubuh dengan menyesuaikan pada sub tema atau pembahasan materi buku edukasi. Dari total 7 gaya tersebut, digambarkan karakter mengenakan pakaian lengkap untuk berkebun. Jenis kertas yang digunakan pada sampul buku adalah artcarton 260 gsm. Sedangkan untuk isinya menggunakan kertas artpaper 150 gsm, buku edukasi yang dibaut berukuran A5. Media pendukung pada perancangan ini berupa poster dan Merchandise yaitu tote bag dan pin yang menyuluhkan kegiatan lingkungan dengan menggunakan karakter ilustrasi yang telah dirancang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

SIPSN, “Timbulan Sampah,” SIPSN.go.id. Accessed: Feb. 22, 2024. [Online]. Available: https://sipsn.menlhk.go.id/sipsn/public/data/timbulan

D. Haryanta, M. Thohiron, and B. Gunawan, Teknologi Tepat Guna Pengomposan Masal Campuran Sampah Daun Kering Dengan Sampah Basah. Jawa Timur: UNUSIDA Press, 2017.

N. P. M. Y. K. Dewi and I. P. D. Pradhana, “Pengelolaan Sampah Anorganik Menjadi Nilai Rupiah Pada Generasi Muda Di Desa Jungutbatu,” J. ABDINUS J. Pengabdi. Nusant., vol. 6, no. 1, pp. 251–257, 2022, doi: 10.29407/ja.v6i1.15757.

I. Picton, “The impact of e-books on the reading motivation and reading skills ofchildren and young people: A rapid literature review,” Natl. Lit. Trust, no. September, pp. 1–21, 2014.

N. S. Baron, How We Read Now: Strategic Choices for Print, Screen, and Audio. New York: Oxford University Press, 2021. doi: https://doi.org/10.1093/oso/9780190084097.001.0001.

S. Firdhiana and M. L. Anggapuspa, “Perancangan Buku Ilustrasi Mengenal Jajanan Khas Kota Probolinggo Sebagai Media Edukasi Anak Usia 6-12 Tahun,” J. Barik, vol. 3, no. 1, pp. 170–180, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/

R. J. Pratama and I. N. M. Yasa, “Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Informasi Tentang Stres,” J. SASAK Desain Vis. dan Komun., vol. 2, no. 2, pp. 59–66, 2020, doi: 10.30812/sasak.v2i2.864.

N. P. Rahmadina, D. A. Nisa, and A. Sutejo, “Perancangan Desain Karakter untuk Buku Ilustrasi Mengenai Orang-orang Toxic,” J. Comput. Sci. Vis. Commun. Des., vol. 8, no. 2, pp. 263–274, 2023, doi: 10.55732/jikdiskomvis.v8i2.1057.

R. A. Y. Rori and A. T. Wahyudi, “Proses Kreatif Pembuatan Desain Karakter Dalam Karya Ilustrasi,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 0, 2022.

H. B. Sutopo, Metodelogi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori Dan Terapannya Dalam Penelitian, Edisi Kedu. Surakarta: Universitas Sebelas Maret, 2006.

A. Susanto, B. Riyanto, and D. T. Ardianto, “Perancangan Infografis Sejarah Museum Radya Pustaka Sebagai Media Edukasi Anak Kelas 5-6 Sd,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 10, no. 01, pp. 129–141, 2024, doi: 10.33633/andharupa.v10i01.9665.

A. Fathoni, Metode Penelitian & Teknik Penyusunan Skripsi, Cetakan Ke. Jakarta: Rineka Cipta, 2011.

Sugiono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Stanford.edu, “An Introduction To Design Thinking: Process Guide,” Stanford University. Accessed: Jul. 23, 2024. [Online]. Available: https://web.stanford.edu/~mshanks/MichaelShanks/files/509554.pdf

L. D. Hukubun, “Rakyat Suku Malind,” J. Seni dan Desain, vol. 1, pp. 69–74, 2019.

D. N. Sari and Jupriani, “Tinjauan Desain Pada Poster Film Animasi Nussa,” DEKAVE J. Desain Komun. Vis., vol. 12, no. 4, pp. 415–426, 2022, doi: 10.24036/dekave.v12i4.120031.

S. M. R. Harury, “Analisis Pengaplikasian Teori Warna dan Penggunaan Siluet dalam Desain Karakter,” ADIWARNA, vol. 11, no. 1, 2022, [Online]. Available: publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/12289

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-31