Implementasi Prinsip Squash and Stretch dalam Menciptakan Ekspresi Wajah Karakter Animasi Murdasa
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i3.1691Kata Kunci:
Squash and stretch, Rigging Animasi, Ekspresi Wajah, Karakter Animasi, Desain KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan prinsip squash and stretch melalui metode rigging dalam menciptakan ekspresi wajah pada karakter animasi Murdasa. Melalui tahapan desain rigging wajah, kontrol deformasi diterapkan menggunakan morphing shapes dan bone rigging untuk memfasilitasi transisi yang baik antar ekspresi. Ekspresi yang dihasilkan, seperti senang, sedih, kaget, dan bersemangat, dianalisis berdasarkan durasi transisi dan tingkat deformasi yang diterapkan pada bagian wajah seperti mulut, mata, dan alis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan squash and stretch berhasil menciptakan ekspresi yang hidup dan realistis, dengan stretch lebih dominan pada ekspresi yang senang dan kaget, sedangkan squash digunakan lebih banyak pada ekspresi sedih, marah, dan kecewa. Meskipun begitu, beberapa tantangan teknis ditemukan pada deformasi bagian mata yang memerlukan penyesuaian lebih lanjut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan ekspresi wajah karakter animasi yang fleksibel dan emosional, serta menyediakan expression library sheet yang membantu efisiensi proses animasi.
Unduhan
Referensi
S. Mamis et al., Panduan Lengkap Untuk Memasuki Dunia Kreatif Visual. 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=70rPEAAAQBAJ
I. Gede, A. S. Anggara, I. Made, and M. Yusa, “Penerapan 12 Prinsip Animasi Pada Film Animasi 2d Berjudul Pedanda Baka,” J. Nawala Vis., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/nawalavisual/article/view/607
F. Expression, V. Reinterpretation, B. The, C. Of, and D. N. Sanga, “Ekpresi Wajah Reinterpretasi Visual Di Balik Karakter Dewata Nawa Sanga,” vol. 32, pp. 99–109, 2017.
M. Leeuwe, How to draw facial expressions, 1st ed. Netherlands, 2020.
L. Mardiwarsito, Tantri Kamandaka, 1st ed. Flores: Penerbit Nusa Indah, 1983.
M. Taro, Kisah-Kisah Tantri, 2nd ed. Denpasar: Sanggar Kukuruyuk, 2015.
Saeadmin and Paramita Hapsari, S. Ds, M.Ds, “Penerapan Desain Karakter Dan Art Direction Perancangan Karakter Film Animasi,” Profilm J. Ilm. Ilmu Perfilman dan Pertelevisian, vol. 1, no. 1, pp. 19–30, 2022, doi: 10.56849/sae.v1i1.34.
I. G. A. Sudi Anggara, I. M. M. Yusa, and I. N. Jayanegara, “Implementasi Rigging pada Karakter ‘I Angsa’ dalam Film Animasi 2D ‘I Empas Teken I Angsa,’” J. Desain, vol. 8, no. 3, p. 249, 2021, doi: 10.30998/jd.v8i3.9366.
R. Williams, The Animator’s Survival Kit. United States: Faber and Faber, 2001.
W. Wijaya and N. Ramadhani, “EKSPLORASI RIGGING PADA KARAKTER 3D AMICO,” vol. 5, no. 2, pp. 140–149.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 I Gede Adi Sudi Anggara, I Ketut Sutarwiyasa, Ni Putu Arliana Fitriya Ariputri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.