Stimulus Augmented Reality Children Storybook Timun Mas Membentuk Kognitif Visual Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i2.1702Kata Kunci:
ARCS, Augmented Reality, Visual persepsi, Anak usia dini, Timun MasAbstrak
Konsep kegiatan membaca literasi visual berbasis teknologi merupakan implementasi dari paradigma smart education, yang saat ini mulai dikenal sebagai pendekatan yang berpotensi transformatif untuk melibatkan generasi digital native. Strategi menggabungkan kekuatan media storytelling berbasis visual dengan teknologi virtual reality merupakan sebuah inovasi yang bertujuan untuk menghadirkan pengalaman membaca yang lebih menarik dan baru bagi anak usia dini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dampak media Augmented Reality Children's Storybook (ARCS) Timun Mas terhadap respon kognitif-visual anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus kualitatif dengan purposif sampel anak usia 4-6 tahun di TK Darrunajwa, Jombang, Jawa Timur. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah observasi, wawancara, studi literatur, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media Buku Cerita Timun Mas berbasis Augmented Reality dapat memfasilitasi pembentukan lima indikator kemampuan kognitif-visual anak, yaitu visual sensori, visual attention, visual memori, visual spatial relation, dan visual sequence memory. Respon visual selanjutnya akan membentuk persepsi visual anak terhadap elemen visual, alur cerita, dan pesan moral cerita.
Unduhan
Referensi
A. Habib, I. M. Astra, and E. Utomo, “Media Pembelajaran Abad 21: Kebutuhan Multimedia Interaktif Bagi Guru dan Siswa Sekolah Dasar,” JARTIKA J. Ris. Teknol. dan Inov. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 25–35, 2020, doi: 10.36765/jartika.v3i1.20.
H. Hasriadi, “Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi,” J. Sinestesia, vol. 12, no. 1, pp. 136–151, 2022, [Online]. Available: https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/161
D. Saraswati, N. Y. Damayanti, A. E.B.W, and D. Djatiprambudi, “Transformasi Digital Dalam Pembelajaran Studio Desain Komunikasi Visual Sebagai Refleksi Pasca Pandemi,” J. Bhs. Rupa, vol. 06, no. 01, pp. 56–66, 2022, doi: 10.31598/bahasarupa.v6i1.1075.
M. A. Muminin, S. Suhartadi, and P. Partono, “Perbedaan Hasil Belajar Sistem Pengapian Konvensional Menggunakan Metode Pembelajaran Demonstrasi Dan Ceramah Pada Kelas Xi Tkr Di Smk Negeri 1 Jabon,” J. Tek. Otomotif Kaji. Keilmuan dan Pengajaran, vol. 5, no. 2, p. 31, 2021, doi: 10.17977/um074v5i22021p31-36.
I. M. Sadjati, “Smart Education dan Smart City,” Optim. Peran Sains dan Teknol. untuk Mewujudkan Smart City, pp. 11–34, 2017, [Online]. Available: http://repository.ut.ac.id/7070/1/UTFMIPA2017-01-ida.pdf
N. A. F. Nurjannah, Muhammad Hasbi, Gunarti Dwi Lestari and Muh. Ngasmawi Retno Wulandari, “Pedoman pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan anak usia dini,” pp. 1–34, 2020, [Online]. Available: https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20210918_192553.pdf
A. F. Istiana and D. T. Yamtinah, S & Ardianto, “A Technology-Based Learning Needs Analysis to Improve Higher Order Thinking Skills (HOTS) of Elementary School Students,” ICEE-5 Transform. Elem. Educ. Welcoming Smart Soc. 5.0, pp. 74–81, 2023, [Online]. Available: http://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/view/3095%0Ahttp://proceedings2.upi.edu/index.php/icee/article/download/3095/2783
I. N. A. S. Putra, P. G. S. C. Nugraha, and N. W. Wardani, “Analisis Penggunaan Lego dalam Pembelajaran Sejarah Perang Kusamba untuk Anak Usia Dini,” J. Bhs. Rupa, vol. 07, no. 03, pp. 1–7, 2024, doi: 10.31598/bahasarupa.v7i3.1569.
L. Nisa’, “Pemanfaatan Teknologi Dalam Pendidikan Anak Usia Dini,” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 8, no. 1, p. 001, 2020, doi: 10.21043/thufula.v8i1.6283.
S. N. PB, “Menghadapi Generasi Visual; Literasi Visual Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Dalam Proses Pembelajaran,” ELSE J. Elem. Sch. Educ., vol. 1, no. 2a, pp. 48–59, 2017, doi: https://doi.org/10.30651/else.v1i2a.1043.
A. H. Lubis, M. D. Dasopang, F. Ramadhini, and E. M. Dalimunthe, “Augmented reality pictorial storybook: How does it influence on elementary school mathematics anxiety?,” Prem. Educ. J. Pendidik. Dasar dan Pembelajaran, vol. 12, no. 1, p. 41, 2022, doi: 10.25273/pe.v12i1.12393.
E. M. & A. K. P. A. Widhiyanti, Kathryn, Zulisih Maryani, Agustinus Dwi Nugroho, Raynald Mulyaningsih, Prosiding Seminar Seni Media Rekam 2022 Seni Media Rekam: Memulihkan dan Membangkitkan. 2023. [Online]. Available: http://digilib.isi.ac.id/id/eprint/13462
B. Parhizkar, T. A. N. Y. I. Shin, A. H. Lashkari, and Y. A. P. S. Nian, “Augmented Reality Children Storybook ( ARCS ),” 2011 Int. Conf. Futur. Inf. Technol., vol. 13, no. January 2011, pp. 1–4, 2011.
E. Roumba and I. Nicolaidou, “Augmented Reality Books: Motivation, Attitudes, and Behaviors of Young Readers,” Int. J. Interact. Mob. Technol., vol. 16, no. 16, pp. 59–73, 2022, doi: 10.3991/ijim.v16i16.31741.
M. Zaini and S. Soenarto, “Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, p. 254, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i1.127.
L. Traboco, H. Pandian, E. Nikiphorou, and L. Gupta, “Designing Infographics: Visual Representations for Enhancing Education, Communication, and Scientific Research,” J. Korean Med. Sci., vol. 37, no. 27, pp. 1–7, 2022, doi: 10.3346/jkms.2022.37.e214.
Sugiarto, Metode Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Andi, 2018.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Cetakan 1. Bandung: Alfabeta, 2018.
A. M. Miles, Matthew & Huberman, Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI-Press, 1992.
R. Rosiyanah, Y. Yufiarti, and S. M. Meilani, “Pengembangan Media Stimulasi Sensori Anak Usia 4-6 Tahun Berbasis Aktivitas Bermain Tujuh Indera,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 941–956, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.758.
A. Aisyah, “Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 2, p. 118, 2017, doi: 10.31004/obsesi.v1i2.23.
A. Aslamiyah, S. Sulatri, and N. Khotimah, “Penggunaan Permainan Sains Colour March pada Sensori Anak Usia Dini,” J. Educ. Res., vol. 4, no. 2020, pp. 856–863, 2023, [Online]. Available: https://www.jer.or.id/index.php/jer/article/view/269%0Ahttps://www.jer.or.id/index.php/jer/article/download/269/203
N. Aisah, “Peningkatan Perhatian Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Wayang Angrek Pada Anak Kelompok B1 di TK Masyitoh Ndasari Budi Krapyak Sewon Bantul,” E-Journal Mhs. PG PAUD, vol. 8, no. 1, pp. 42–51, 2019, [Online]. Available: https://journal.student.uny.ac.id/pgpaud/article/view/14812/14372
Y. Yuliati and A. & E. Munajat, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Melalui Media Video Pembelajaran,” Indones. J. Instr. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 26–35, 2022, [Online]. Available: http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit
H. Khotimah, A. Supena, and N. Hidayat, “Meningkatkan attensi belajar siswa kelas awal melalui media visual,” J. Pendidik. Anak, vol. 8, no. 1, pp. 17–28, 2019, doi: 10.21831/jpa.v8i1.22657.
V. Raoza, “Implementasi Media Visual Gambar untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Tadikal Al Fikh Orchard Pendamar Indah 2 Selangor Malaysia,” Akad. J. Mhs. Humanis, vol. 4, no. 3, pp. 1252–1266, 2024, doi: 10.37481/jmh.v4i3.1069.
C. Cici and S. Supriadi, “Inovasi dalam Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini,” Bouseik J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, vol. 2, no. 1, pp. 23–44, 2024, doi: 10.37092/bouseik.v2i1.738.
A. Santosa, A. Y. Wahyudin, and R. Febriansyah, “Penerapan Teknologi Virtual Reality Metaverse Pada Pendidikan Usia Dini,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 4, no. 2, pp. 1–6, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.3340
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Kinanti Erste Panggayuh Putri, Deny Tri Ardiyanto, Andreas Slamet Widodo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.