Elevating Jack Beans Sauce: A Visual Identity Strategy for Enhanced Brand Recognition
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v8i1.1745Kata Kunci:
brand awareness, brand identity, MSMEs, brand recognitionAbstrak
Sektor UMKM mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jawa Sehati Mulia merupakan UMKM yang bergerak dalam bidang produksi kecap berbahan dasar kedelai hitam lokal dengan beberapa varian produk antara lain kecap manis, kecap pedas, kecap barbeque, dll. Kendala yang dialami UMKM terutama pada aspek produksi yaitu ketersediaan bahan baku kedelai hitam sumber lokal. Kenaikan harga bahan baku berdampak pada berkurangnya kapasitas produksi kecap Tugu Jawa secara signifikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi bahan alternatif pengganti kedelai hitam lokal yang saat ini jumlahnya terbatas, yaitu inovasi sambal berbahan dasar kacang koro pedang. Dengan menggunakan metode pemikiran desain, penelitian ini mengeksplorasi peran penting identitas visual dalam membangun pengenalan merek dan mendorong keterlibatan konsumen terhadap produk nabati yang unik.
Meskipun memiliki atribut yang sehat dan berkelanjutan, Jack Beans Sauce belum sepenuhnya membangun kehadiran merek yang kuat di pasar makanan yang kompetitif. Studi ini berfokus pada pengembangan identitas visual yang kohesif dan menarik yang mencerminkan nilai-nilai inti merek—kesehatan, keberlanjutan, dan inovasi—sambil menarik audiens target konsumen yang sadar kesehatan dan sadar lingkungan. Dengan membuat logo, skema warna, tipografi, dan desain kemasan yang berbeda, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan visibilitas merek dan membedakannya dari pesaing. Selain itu, penelitian ini mengkaji bagaimana identitas visual ini dapat diterapkan secara konsisten di seluruh platform digital dan titik kontak fisik untuk menciptakan pengalaman merek yang terpadu. Pada akhirnya, penelitian ini berupaya memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti tentang bagaimana identitas visual yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kesadaran merek, memperkuat hubungan konsumen, dan mendukung pertumbuhan Jack Beans Sauce di pasar yang semakin kompetitif.
Unduhan
Referensi
Ikhsan Lubis. (2021). The Role of Micro Small and Medium Enterprises (MSMEs) in the Recovery of the National Economic. Syiah Kuala Law Jurnal. Vol. 5(2) Agustus 2021, pp.238-251
ahmad Wahyudi, et.al. (2024). The Role of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Supporting Indonesia’s Economic Resilience. Jurnal Pertahanan: Media Informasi tentang Kajian dan Strategi Pertahanan yang Mengedepankan Identity, Nasionalism dan Integrity. Vol. 10 No. 2 (2024) pp.297-307 https://jurnal.idu.ac.id/index.php/defensejournal
Furin Indayah & Ahmad Kamil. (2023). The Effect of Capital Access and Financial Literacy on the Development of MSMEs in Bangkalan Regency. nternational Conference on Economy, Management, and Business (IC-EMBus) November, 2023 p. 834–844. https://journal.trunojoyo.ac.id/icembus
Darini, Maria. (2021). The Potential of Jack Bean (Canavalia ensiformis L.) Developed in Suboptimal Soil to Succeeding Food Sufficiency. International Journal of Current Science Research and Review. 04. 10.47191/ijcsrr/V4-i7-17.
Palupi, H & Estiasih, T & Yunianta, Yunianta & Sutrisno, Aji. (2021). Characterization of nutritional and functional properties of Lima bean flour (Phaseolus Lunatus L.). IOP Conference Series: Earth and Environmental Science. 924. 012033. 10.1088/1755-1315/924/1/012033.
Yusman Taufik, Yudi Garnida. "Fermentation in Salt Solution to Produce Jack Beans (Canavalia Ensiformis L) Sauce." International Congress on Challenges of Biotechnological Research in Food and Health, Surakarta, Indonesia, November 2014. Slamet Riyadi University, 2014.
Sarah Giovani, et.al. (2024). Quality Characteristics of Jack Bean (Canavalia ensiformis L.) Tempeh Milk with Addition of Ajwa Date (Phoenix dactylifera L.) and Various Types of Stabilizers. Journal of Agri-Food Science and Technology (JAFoST) Vol 5(1) 2024: 18 – 32
Dingliwal, Ujjwal. (2023). Colours in Branding: Creating Brand Identity and Influencing Consumer Perception. Ramanujan International Journal of Business and Research. 8. 11-25. 10.51245/rijbr.v8i2.2023.1134.
Jason Vaught. (2024). The Definitive Guide to New Product Branding. https://www.smashbrand.com/articles/new-product-branding/
Serrat, Olivier. (2017). Design Thinking. 10.1007/978-981-10-0983-9_18.
Kohli, Chiranjeev & Suri, Rajneesh. (2002). Creating effective logos: Insights from theory and practice. Business Horizons. 45. 58-64. 10.1016/S0007-6813(02)00203-3.
Nopita, Dewi & Mardhiyyah, Rodhiyah & Listiyani, Maya & Julianto, Tegar. (2023). Designing Product Labels and Digital Marketing as Branding Strategies for Yu Marni’s Tiwul Product. International Journal of Engineering Technology and Natural Sciences. 5. 148-157. 10.46923/ijets.v5i2.253.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Yudhistya Ayu Kusumawati, Elizabeth Paskahlia Gunawan, Kukuh Lukiyanto, Erlyana Yana
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.