A Visual Transformation: Using Photography to Boost Tugu Jawa's Brand Visibility

Penulis

  • Hindam Basith Rafiqi Bina Nusantara University
  • Yudhistya Ayu Kusumawati Bina Nusantara University
  • Anindya Widita Bina Nusantara University

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i2.1746

Kata Kunci:

brand awareness, brand identity, brand values, product photography, brand visibility, MSMEs

Abstrak

Sektor UMKM mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jawa Sehati Mulia merupakan UMKM yang bergerak di bidang produksi kecap berbahan dasar kedelai hitam lokal dengan beberapa varian produk antara lain kecap manis, kecap pedas, kecap barbeque, dll. Penelitian ini mengeksplorasi dampak fotografi sebagai alat utama dalam meningkatkan identitas merek dan meningkatkan visibilitas Tugu Jawa, merek lokal tradisional Indonesia. Di dunia yang semakin visual, citra yang efektif menjadi hal yang penting dalam membedakan merek di pasar yang kompetitif. Tugu Jawa, yang terkenal dengan kekayaan warisan budaya dan produk kerajinannya, mempunyai potensi untuk memperluas jangkauannya dengan mengadopsi strategi fotografi yang modern dan menarik secara visual. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana fotografi berkualitas tinggi dan selaras dengan budaya dapat secara efektif mengomunikasikan nilai-nilai merek, membangkitkan hubungan emosional, dan menciptakan kehadiran yang berkesan di media digital dan cetak. Melalui serangkaian studi kasus, analisis visual, dan masukan konsumen, penelitian ini menyelidiki bagaimana citra yang dikurasi dapat meningkatkan persepsi merek, meningkatkan keterlibatan, dan mendorong minat konsumen. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan visual yang terdefinisi dengan baik menggunakan fotografi dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas pasar Tugu Jawa, menarik khalayak yang lebih luas, dan memperkuat hubungannya dengan konsumen lokal dan global. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti bagi Tugu Jawa untuk memanfaatkan fotografi sebagai alat strategis untuk meningkatkan kesadaran merek dan menumbuhkan loyalitas merek dalam jangka panjang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Choudhury, Rashmiranjan & Mohanty, Priyakrushna. (2024). Quick and Effective: Exploring the Prominence of Social Media Stories and Short Videos Destination Digital Marketing. 10.4018/979-8-3693-4466-8.ch013.

Agustian, Kresnawidiansyah & Hidayat, Rachmat & Zen, Agustian & Sekarini, Ratih & Malik, Aulia. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT). 1. 68-78. 10.61100/tacit.v1i2.54.

Agustian, K., Hidayat, R., Zen, A., Sekarini, R. A., & Malik, A. J. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(2), 68–78. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i2.54

R., Rijitha. (2021). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON CONSUMER PURCHASE INTENTION. 223.

Serrat, Olivier. (2017). Design Thinking. 10.1007/978-981-10-0983-9_18.

Hu, Wuyang & Batte, Marvin & Woods, Timothy & Ernst, Stan. (2012). Consumer preferences for local production and other value-added label claims for a processed food product. European Review of Agricultural Economics. 39. 10.1093/erae/jbr039.

Autio, Minna & Collins, Rebecca & Wahlen, Stefan & Anttila, Marika. (2013). Consuming nostalgia? The appreciation of authenticity in local food production. International Journal of Consumer Studies. 37. 10.1111/ijcs.12029.

Ledin, Per & Machin, David. (2018). Doing Visual Analysis: From Theory to Practice. 10.4135/9781529793529.

Henderson, Pamela & Cote, Joseph & Leong, Siew & Schmitt, Bernd. (2003). Building strong brands in Asia: Selecting the visual components of image to maximize brand strength. International Journal of Research in Marketing. 20. 297-313. 10.1016/j.ijresmar.2003.03.001.

Aros, Marcela & Narváez, G. & Aros, Nelson. (2010). The semantic differential for the discipline of design: a tool for the product evaluation. Selected Proceedings from the 13th International Congress on Project Engineering. Badajoz, July 2009, 2010-01-01, ISBN 978-84-614-0185-7, pags. 422-433.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-30

Cara Mengutip

[1]
H. B. . Rafiqi, Y. A. . Kusumawati, dan A. . Widita, “A Visual Transformation: Using Photography to Boost Tugu Jawa’s Brand Visibility”, bahasarupa, vol. 7, no. 2, hlm. 125–130, Apr 2024.