A Visual Transformation: Using Photography to Boost Tugu Jawa's Brand Visibility
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i2.1746Kata Kunci:
brand awareness, brand identity, brand values, product photography, brand visibility, MSMEsAbstrak
Sektor UMKM mampu memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jawa Sehati Mulia merupakan UMKM yang bergerak di bidang produksi kecap berbahan dasar kedelai hitam lokal dengan beberapa varian produk antara lain kecap manis, kecap pedas, kecap barbeque, dll. Penelitian ini mengeksplorasi dampak fotografi sebagai alat utama dalam meningkatkan identitas merek dan meningkatkan visibilitas Tugu Jawa, merek lokal tradisional Indonesia. Di dunia yang semakin visual, citra yang efektif menjadi hal yang penting dalam membedakan merek di pasar yang kompetitif. Tugu Jawa, yang terkenal dengan kekayaan warisan budaya dan produk kerajinannya, mempunyai potensi untuk memperluas jangkauannya dengan mengadopsi strategi fotografi yang modern dan menarik secara visual. Studi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana fotografi berkualitas tinggi dan selaras dengan budaya dapat secara efektif mengomunikasikan nilai-nilai merek, membangkitkan hubungan emosional, dan menciptakan kehadiran yang berkesan di media digital dan cetak. Melalui serangkaian studi kasus, analisis visual, dan masukan konsumen, penelitian ini menyelidiki bagaimana citra yang dikurasi dapat meningkatkan persepsi merek, meningkatkan keterlibatan, dan mendorong minat konsumen. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan visual yang terdefinisi dengan baik menggunakan fotografi dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas pasar Tugu Jawa, menarik khalayak yang lebih luas, dan memperkuat hubungannya dengan konsumen lokal dan global. Pada akhirnya, penelitian ini memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti bagi Tugu Jawa untuk memanfaatkan fotografi sebagai alat strategis untuk meningkatkan kesadaran merek dan menumbuhkan loyalitas merek dalam jangka panjang.
Unduhan
Referensi
Choudhury, Rashmiranjan & Mohanty, Priyakrushna. (2024). Quick and Effective: Exploring the Prominence of Social Media Stories and Short Videos Destination Digital Marketing. 10.4018/979-8-3693-4466-8.ch013.
Agustian, Kresnawidiansyah & Hidayat, Rachmat & Zen, Agustian & Sekarini, Ratih & Malik, Aulia. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT). 1. 68-78. 10.61100/tacit.v1i2.54.
Agustian, K., Hidayat, R., Zen, A., Sekarini, R. A., & Malik, A. J. (2023). The Influence of Influencer Marketing in Increasing Brand Awareness and Sales for SMEs. Technology and Society Perspectives (TACIT), 1(2), 68–78. https://doi.org/10.61100/tacit.v1i2.54
R., Rijitha. (2021). THE IMPACT OF SOCIAL MEDIA MARKETING ON CONSUMER PURCHASE INTENTION. 223.
Serrat, Olivier. (2017). Design Thinking. 10.1007/978-981-10-0983-9_18.
Hu, Wuyang & Batte, Marvin & Woods, Timothy & Ernst, Stan. (2012). Consumer preferences for local production and other value-added label claims for a processed food product. European Review of Agricultural Economics. 39. 10.1093/erae/jbr039.
Autio, Minna & Collins, Rebecca & Wahlen, Stefan & Anttila, Marika. (2013). Consuming nostalgia? The appreciation of authenticity in local food production. International Journal of Consumer Studies. 37. 10.1111/ijcs.12029.
Ledin, Per & Machin, David. (2018). Doing Visual Analysis: From Theory to Practice. 10.4135/9781529793529.
Henderson, Pamela & Cote, Joseph & Leong, Siew & Schmitt, Bernd. (2003). Building strong brands in Asia: Selecting the visual components of image to maximize brand strength. International Journal of Research in Marketing. 20. 297-313. 10.1016/j.ijresmar.2003.03.001.
Aros, Marcela & Narváez, G. & Aros, Nelson. (2010). The semantic differential for the discipline of design: a tool for the product evaluation. Selected Proceedings from the 13th International Congress on Project Engineering. Badajoz, July 2009, 2010-01-01, ISBN 978-84-614-0185-7, pags. 422-433.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hindam Basith Rafiqi, Yudhistya Ayu Kusumawati, Anindya Widita

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.