NEW NORMAL

DALAM PESAN IKLAN TV KOMERSIAL TRAVELOKA

Penulis

  • Agus Hermanto Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sa’diyah El Adawiyah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Cecep Effendi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Tria Patrianti Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i1.793

Kata Kunci:

New Normal, Advertising, TV Commercials Messages

Abstrak

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk visual dan narasi new normal dalam pesan iklan TV Komersial Traveloka. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis naratif dan memanfaatkan data sekunder, serta menggunakan triangulasi sumber dalam proses analisisnya. Temuan dalam artikel ini, bahwa pesan iklan dirancang dalam adegan-adegan (scene) dengan mengangkat kata ‘pertama’ dan diksi ‘normal’ sebagai pesan utama iklan. Ada sepuluh visual yang menterjemahkan new normal dengan narasi berfokus pada suasana lingkungan dan beberapa aktivitas keseharian masyarakat di awal tahun 2020 yang tidak biasa terkait pandemik COVID-19.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Indonesia.go.id, “Mengenal Konsep New Normal,” 2020. [Online]. Available: https://indonesia.go.id/ragam/komoditas/ekonomi/mengenal-konsep-new-normal. [Accessed: 15-Jun-2020].

A. N. Yahya, “Ini Kunci Utama agar Adaptasi Kebiasaan Baru Berjalan Efektif,” 2020. [Online]. Available: https://nasional.kompas.com/read/2020/06/17/19075631/ini-kunci-utama-agar-adaptasi-kebiasaan-baru-berjalan-efektif. [Accessed: 15-Jun-2020].

CNN Indonesia, “Muhammadiyah Tak Sepakat dengan Konsep New Normal,” 2020. .

J. Fawaid, “Cermat Menerapkan New Normal,” 2020. [Online]. Available: https://news.detik.com/kolom/d-5036963/cermat-menerapkan-new-normal. [Accessed: 15-Jun-2021].

G. Em, L. Andrew, and S. Glenn, A First Look at Communication Theory 10th Edition. New York: McGrow-Hill Education, 2019.

S. Alex, Komunikasi Naratif: Paradigma, Analisis, dan Aplikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2016.

M. Sandra, M. Nancy, W. Charles, and W. William, Advertising & IMC; Principles & Practice. New York: Pearson, 2017.

L. Monle and J. Carla, Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Kencana, 2007.

A. R Reza El and G. Rohmat, “IbM Pelatihan Multimedia Untuk Anak-anak Yatim Piatu Di Panti Asuhan Hifdhul Mursalin Kota Tasikmalaya.,” Siliwangi, vol. 2, no. 1, pp. 69–73, 2016.

S. Ilona V. Oisina, “Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi Cosmetik Wardah Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Komun. Pembang., vol. 11, no. 2, pp. 1–13, 2013.

Eriyanto, Analisis Naratif : Dasar-Dasar dan Penerapannya Dalam Analisis Teks Berita Media, 1st ed. Jakarta: Kencana Predana Media Group, 2013.

M. Sultan, “Studi Paradigma Naratif Walter Fisher Pada Aktivitas ‘Nongkrong’ di Kalangan Remaja Madya,” J. Al-Khitabah, vol. 3, no. 1, pp. 88–102, 2017.

F. A. Trisakti and H. Alifahmi, “Destination Brand Storytelling: Analisis Naratif Video The Journey to A Wonderful World Kementerian Pariwisata,” J. Komun. Indones., vol. 7, no. 1, pp. 73–86, 2018.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2013.

Traveloka, “Di Tahun Penuh Kata ‘Pertama’, Traveloka #JalanBersama Anda,” Youtube, 2020. .

A. R. Wicaksono, V. I. Kristianto, and M. Wachid, “Komposisi Warna Website Universitas Kelas Dunia , Studi Kasus Harvard University , University of Cambridge Dan,” vol. 1, no. 1, pp. 70–75, 2013.

S. Purnama, “Elemen Warna Dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam,” J. Pendidik. Dasar Islam, vol. 2, no. 1, pp. 113–130, 2010.

Monica and L. C. Luzar, “Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan,” Humaniora, vol. 2, no. 2, p. 1084, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-28