VISUALISASI ELEMEN PEMBENTUK CONSUMER BRANDSCAPE MELALUI OPOSISI BINER SEMIOTIKA PEMASARAN XING FU TANG (幸福堂) DAN XI BO BA (喜悦)
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i2.808Kata Kunci:
consumer brandscape, elemen visual, merek, oposisi biner, semiotika pemasaranAbstrak
Penggunaan elemen visual yang berbasis pada warna, tekstur dan bentuk dalam semiotika dikenal dengan istilah tanda atau simbol. Kekuatan penggunaan elemen-elemen tersebut didorong oleh consumer brandscape yang terdiri dari beberapa unsur. Penerapan strategi kreatif oleh kedua merek tersebut merupakan upaya yang dilakukan oleh XING FU TANG (幸 福 堂) dan XI BO BA (喜悦) dalam mempromosikan dan menanamkan ideologi mereknya kepada konsumen. Riset ini bersifat komparatif yang ditempuh melalui Strategi Oposisi Biner dalam Metode Semiotika Pemasaran Oswald, agar mampu menelusuri kedua merek dalam perspektif consumer brandscape dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa XING FU TANG (幸福堂) menggunakan elemen bernuansa oriental klasik, sementara XI BO BA (喜悦) mendefinisikan mereknya untuk menyasar kalangan moderen dan kekinian. Aplikasi semiotika pemasaran yang dilakukan oleh kedua merek melalui unsur-unsur visual dan merupakan wujud dari consumer brandscape yang terdiri dari paduan antara ranah budaya, emosional dan mengerucut pada sebuah tanda.
Unduhan
Referensi
N. Migotuwio, “ASPEK KOMUNIKASI VISUAL DAN ESTETIKA PADA KARYA DESAIN GRAFIS BERGAYA GLITCH ART,” J. Contemp. Indones. Art Vol., vol. V, no. 1, pp. 48–64, 2020.
F. M. Harita, T. P. Sadono, M. Sya, J. Fernando, and J. K. Goswami, “Traveloka As the Ultimate Workplace for Millennial Graduates in Information and Technology,” Aspiration, vol. 1, no. 2, pp. 163–181, 2020.
F. Fensi and M. Christian, “Determinan Citra Merek Pada Iklan Produk Gawai ‘ Vivo ’ Berdasarkan Aspek ‘ Celebrity Endorser ,’” Bricol. J. Magister Ilmu Komun., vol. 4, no. 2, pp. 163–179, 2018.
H. Mathar, “SEMIOTIKA VISUAL ( Sebuah kajian tentang ilmu tanda dalam kebudayaan kontemporer),” J. Komodifikasi, vol. 2, no. 1, pp. 36–47, 2015.
M. Kavaliausk? and E. Simanavi?i?t?, “BRAND AVOIDANCE: RELATIONS BETWEEN BRAND-RELATED STIMULI AND NEGATIVE EMOTIONS,” Organ. Mark. Emerg. Econ., vol. 6, no. 1, pp. 44–77, 2015.
M. Lhotáková and K. Olsanová, “The Role of Positioning in Strategic Brand Management – Case of Home Appliance Market,” Glob. J. Commer. Manag. Perspect., vol. 2, no. 1, pp. 71–81, 2013.
F. A. Beig and F. A. Nika, “Brand Experience and Brand Equity,” Vision, vol. 23, no. 4, pp. 410–417, 2019.
T. E. Moore, “Subliminal Advertising: What You See Is What You Get,” J. Mark., vol. 46, no. 2, p. 38, 1982.
D. Tamitiadini and D. Lutfianto, “Representasi Brand Identity Dalam Webseries Sebagai Alternatif Media Periklanan,” Semiot. J. Komun., vol. 13, no. 1, 2019.
L. R. Oswald, “The structural semiotics paradigm for marketing research: Theory, methodology, and case analysis,” Semiotica, vol. 2015, no. 205, pp. 115–148, 2015.
A. R. Nugraha, “REPRESENTASI CORPORATE IDENTITY DALAM LOGO BARU PDAM KOTA BANDUNG,” Communication, vol. 7, no. 2, pp. 26–44, 2016.
R. F. Marta and V. Septyana, “SEMIOTIKA PEMASARAN PADA BRAND VALUE MELALUI SIGN BERUPA LAYOUT BERITA DAN IKLAN IBADAH HAJI (Studi Komparasi pada Harian Pos Kota dengan Rakyat Merdeka),” Semiot. J. Komun., vol. 9, no. 2, pp. 482–508, 2015.
C. N. C. Mitak, “Wacana Iklan Televisi Rokok Djarum 76 Versi ‘ Pengin Eksis ’: Analisis Tanda Menurut Roland Barthes,” J. Ilm. Kebud. Sint., vol. 11, no. 2, pp. 95–107, 2017.
N. F. Urfan, “Semiotika Mitologis Sebuah Tinjauan Awal Bagi Analisis Semiotika Barthesian,” SOURCE J. Ilmu Komun., vol. 4, no. 2, pp. 45–54, 2019.
W. Shao, R. G. Jones, and D. Grace, “Brandscapes: Contrasting corporate-generated versus consumer-generated media in the creation of brand meaning,” Mark. Intell. Plan., vol. 33, no. 3, pp. 414–443, 2015.
L. R. Oswald, Marketing Semiotics Signs, Strategies, and Brand Value, 1st ed. Oxford: Oxford University Press, 2012.
T. Girard, M. Meral Anitsal, and I. Anitsal, “The role of logos in building brand awareness and performance: Implications for entrepreneurs,” Entrep. Exec., vol. 18, no. May 2016, pp. 7–16, 2013.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Beryl Gandakusumah, Rustono Farady Marta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.