MAKNA PERUBAHAN LOGO PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DAN HUBUNGANNYA DENGAN BRAND IMAGE PKS
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v4i2.809Kata Kunci:
logo, rebranding, Partai Keadilan Sejahtera, semiotikaAbstrak
Pada hari Minggu, 29 November 2020, Partai Keadilan Sejahtera menggelar Musyawarah Nasional V PKS di kota Bandung. Bertepatan dengan acara tersebut, diluncurkan Lambang, mars dan hymne baru PKS. Sebelumnya, lambang PKS bernuansa hitam-kuning, berbentuk kotak hitam dengan bentuk bulan sabit dan untaian 17 butir padi berwarna kuning. Lambang baru PKS memiliki warna dominan oranye-putih dan berbentuk bulat dengan unsur bulan sabit dan padi tetap ada, namun berwarna putih. Perubahan logo adalah bagian transformasi nilai yang dicanangkan oleh PKS, bisa dikategorikan sebagai corporate rebranding. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Penulis berusaha menyelidiki, mempelajari dan menggambarkan bagaimana makna yang terkandung dalam logo baru Partai Keadilan Sejahtera, dan bagaimana peran perubahan logo sebagai bagian dari corporate rebranding Partai Keadilan Sejahtera. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa makna yang direpresentasikan dalam visual logo baru PKS adalah perubahan citra partai dari yang lebih agamis dan formal menjadi lebih netral, muda, segar dan dinamis. Sebagai bagian dari corporate rebranding Partai Keadilan Sejahtera, perubahan logo PKS merupakan strategi partai untuk menarik minat calon konstituen baru, terutama dari kalangan milenial. PKS melakukan evolusi logo ke bentuk desain yang lebih modern yang adaptif dan organik.
Unduhan
Referensi
F. C. Farisa and D. Meiliana, “PKS Luncurkan Lambang Baru, Kini Berwarna Oranye dan Berbentuk Bulat,” Kompas.com, 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/11/30/07272181/pks-luncurkan-lambang-baru-kini-berwarna-oranye-dan-berbentuk-bulat (accessed Jan. 15, 2021).
E. Tanjung and N. Ardiansyah, “PKS Luncurkan Logo Baru Tampak Kekinian, Apa Maknanya?,” 2020. https://www.suara.com/news/2020/11/29/203547/pks-luncurkan-logo-baru-tampak-kekinian-apa-maknanya (accessed Feb. 11, 2021).
Rakhmatulloh, “Perubahan Logo PKS Menarik dari Sisi Artistik, tapi Tak Berkorelasi dengan Pilihan Orang,” 2020. https://nasional.sindonews.com/read/256114/12/perubahan-logo-pks-menarik-dari-sisi-artistik-tapi-tak-berkorelasi-dengan-pilihan-orang-1607051523 (accessed Feb. 11, 2021).
A. Bebey, “Ubah Citra Jadul dan Eksklusif, Ini Filosofi Logo Baru PKS,” 2020. https://www.merdeka.com/politik/ubah-citra-jadul-dan-eksklusif-ini-filosofi-logo-baru-pks.html (accessed Feb. 11, 2021).
B. U. Putri and E. A. Wibowo, “PKS Ganti Lambang Partai, Tak Lagi Pakai Unsur Ka’bah,” 2020. https://nasional.tempo.co/read/1409941/pks-ganti-lambang-partai-tak-lagi-pakai-unsur-kabah/full&view=ok (accessed Feb. 11, 2021).
D. P. P. PKS, “Sejarah Ringkas,” 2011. https://pks.id/content/sejarah-ringkas (accessed Jan. 15, 2021).
T. Maharani and K. Erdianto, “Ketua DPP PKS: Logo Baru Diharapkan Pikat Milenial dan Perempuan,” 2020. https://nasional.kompas.com/read/2020/11/30/11135991/ketua-dpp-pks-logo-baru-diharapkan-pikat-milenial-dan-perempuan (accessed Jan. 15, 2021).
R. D. Dienaputra, “Transformasi Visual Lambang-Lambang Partai Politik Islam (1955 – 2004),” ITB J. Vis. Art Des., vol. 3, no. 1, pp. 89–102, 2009, doi: 10.5614/itbj.vad.2009.3.1.7.
L. Muzellec and M. Lambkin, “Corporate rebranding: Destroying, transferring or creating brand equity?,” Eur. J. Mark., vol. 40, no. 7–8, pp. 803–824, 2006, doi: 10.1108/03090560610670007.
E. Cowin, “the Evolution of U.S. Corporate Logos: a Semiotic Analysis,” University of Central Florida, 2011.
S. Sayatman, N. O. Darmawati, and P. Dwitasari, “Pengembangan Metode Desain Logo dan Sistem Grafis untuk Mendukung Pembelajaran Desain Komunikasi Visual,” J. Desain Idea J. Desain Prod. Ind. Inst. Teknol. Sepuluh Nop. Surabaya, vol. 16, no. 2, p. 24, 2017, doi: 10.12962/iptek_desain.v16i2.3590.
I. Wahdaniah, A. Toni, and R. Ritonga, “Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut,” War. ISKI, vol. 3, no. 01, pp. 67–74, 2020, doi: 10.25008/wartaiski.v3i01.57.
A. Joseph, S. Gupta, Y. Wang, and K. Schoefer, “Corporate rebranding: An internal perspective,” J. Bus. Res., no. May, 2020, doi: 10.1016/j.jbusres.2020.04.020.
F. Noviardi, A. N. Rahmanto, and Y. Slamet, “Logo rebranding: Indonesian tax authority public relations strategy in forming organizational culture images,” Informasi, vol. 50, no. 1, pp. 30–45, 2020, doi: 10.21831/informasi.v50i1.29594.
S. Tinarbuko, “Makna Konotasi Rebranding Logo TVRI,” Mudra J. Seni Budaya, vol. 35, no. 1, pp. 15–21, 2020, doi: 10.31091/mudra.v35i1.993.
S. Adams and N. Morioka, Logo design workbook : a hands-on guide to creating logos. Rockport Publisher Inc, USA, 2004.
P. A. Bottomley and J. R. Doyle, “The interactive effects of colors and products on perceptions of brand logo appropriateness,” Mark. Theory, vol. 6, no. 1, pp. 63–83, 2006, doi: 10.1177/1470593106061263.
K. Cherry, “Color Psychology: Does It Affect How You Feel? How Colors Impact Moods, Feelings, and Behaviors,” 2020. https://www.verywellmind.com/color-psychology-2795824 (accessed Jan. 30, 2021).
S. Tinarbuko, “Semiotika Analisis Tanda Pada Karya Desain Komunikasi Visual,” Nirmana, vol. 5, no. 1, pp. 31–47, 2003.
B. Mudjiyanto and E. Nur, “Semiotics In Research Method of Communication,” J. Penelit. Komunikasi, Inform. dan Media Massa, vol. 16, no. 1, pp. 73–82, 2013, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/222421-semiotics-in-research-method-of-communic.pdf.
D. P. P. PKS, “Panduan Atribut Partai Keadilan Sejahtera,” Lampiran II Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera Nomor: 003.A/SKEP/DPP-PKS/ 2020. DPP-PKS, pp. i–xl, 2020.
M. Amsteus, S. Al-shaaban, and E. Wallin, “Colors in Marketing : A Study of Color Associations and Context ( in ) Dependence,” Int. J. Bus. Soc. Sci., vol. 6, no. 3, pp. 32–45, 2015.
S. P. Cleary, “Using the Psychology of Color Schemes to Create an Appreciative Advising Environment,” J. Appreciative Educ., vol. 2, no. 2, pp. 34–38, 2015.
K. Cherry, “The Color Psychology of orange,” 2019. https://www.verywellmind.com/the-color-psychology-of-orange-2795818 (accessed Jan. 30, 2021).
S. Kurt and K. K. Osueke, “The Effects of Color on the Moods of College Students,” SAGE Open, vol. 4, no. 1, p. 215824401452542, 2014, doi: 10.1177/2158244014525423.
J. Hallock, “Colour Assignment - By Joe Hallock Site Instructions : Colour Assignment - By Joe Hallock Site Outline :,” 2009. http://www.joehallock.com/edu/COM498/education.html.
S. Rustan, Mendesain Logo. Gramedia Pustaka Utama, 2013.
T. Malang, “Munas, PKS Luncurkan Logo dan Tagline Baru,” 2020. https://kumparan.com/tugumalang/munas-pks-luncurkan-logo-dan-tagline-baru-1ugS0nEQpSQ/full (accessed Mar. 02, 2021).
E. Sutisna, “Webinar Muswil PKS Jabar : Kupas Tuntas Brand PKS Yang Baru,” 2020. https://www.youtube.com/watch?v=O-bI154wuLA (accessed Dec. 23, 2020).
S. Saktisyahputra, “Pemanfaatan Media Komunikasi Humas Partai Keadilan Sejahtera (Pks) Dki Jakarta Dalam Meningkatkan Citra,” LUGAS J. Komun., vol. 1, no. 2, pp. 119–128, 2019, doi: 10.31334/ljk.v1i2.441.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Ben Isa Muhammad

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.