‘Sarimin’ Game Petualangan Adaptasi Webtoon Dengan Konsep Discovering The Mythical Creatures

Penulis

  • Nugrahardi Ramadhani Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Annisa Dhia Baswedan Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i1.843

Kata Kunci:

Makhluk Mitos, Webtoon Sarimin, Adventure-Platformer

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada perancangan game adaptasi webtoon ‘Sarimin’ dengan tema makhluk mitos Indonesia. Tujuan dari perancangan ini adalah memperkenalkan beragam makhluk mitos Indonesia sebagai pelestarian dan apresiasi budaya mitos lokal dari sisi positif melalui sudut pandang pemain sebagai Sarimin yang merupakan personifikasi jin monyet putih sekaligus karakter utama webtoon ‘Sarimin’. Proses desain yang digunakan yaitu studi literatur, observasi terhadap peninggalan fisik bersejarah, studi eksperimental, wawancara dengan pengembang game, prototyping, dan testing terhadap target audiens. Berdasarkan hasil penelitian, dibuatlah konsep desain "Discovering The Mythical Creatures" dimana pemain akan menjelajahi level dan dikenalkan dengan makhluk mitos Indonesia beserta kisahnya yang berkaitan dengan cerita dari webtoon ‘Sarimin’ dengan gameplay adventure-platformer. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa game dengan makhluk mitos Indonesia sebagai karakter-karakternya dapat menjadi konten yang menghibur dan informatif dan mengubah citra horror makhluk mitos menjadi lucu dan menarik melalui dialog antar karakter, alur cerita, dan gaya visual karakter super-deformed

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

B. M, “Real Mythology That Inspired Video Games,” 2020. https://www.ranker.com/list/real-mythology-behind-video-games/melissa-brinks.

R. Beskin and M. I. P. Koesoemadinata, “Perancangan Buku Ilustrasi Makhluk-makhluk Mitologis Nusantara ‘Tambo Maru,’” JSRW (Jurnal Senirupa Warn., vol. 5, no. 2, pp. 167–173, 2018, doi: 10.36806/jsrw.v5i2.18.

A. Humaeni, “Makna Kultural Mitos dalam Budaya Masyarakat Banten,” Antropol. Indones., vol. 33, no. 3, pp. 167–169, 2021.

S. Iswidayanti, “Fungsi Mitos dalam Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Pendukungnya,” Harmon. J. Arts Res. Educ., vol. 8, no. 2, pp. 180–184, 2011, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/view/790.

T. S. Setiawan, “Setelah Terlalu Tampan, Visinema Pictures Adaptasi 3 Seri Webtoon Populer,” Entertainment Kompas, 2018. https://entertainment.kompas.com/read/2018/11/21/172547910/setelah-terlalu-tampan-visinema-pictures-adaptasi-3-seri-webtoon.

M. Prakarsa, G. E., Jupriono, & Palupi, “Analisis Tekstual Humor Pada Komik Webtoon Sarimin Season 1,” Universitas 17 Agustus 1945, 2020.

GlobalStats, “Mobile Operating System Market Share Indonesia,” April, 2019. https://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia.

E. Rollings, A., & Adams, Andrew Rollings and Ernest Adams on Game Design. New Riders, 2003.

T. Minkkinen, “Basics of Platform Games,” Kajaanin Amm., pp. 1–42, 2016, [Online]. Available: https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/119612/Thesis - Toni Minkkinen.pdf?sequence=1.

J. Schell, The Art of Game Design: A Book of Lenses. Morgan Kaufmann Publishers Inc., 2008.

M. Toni, Basics of Platform Games. Kajaanin Ammattikorkeakoulu University of Applied Sciences, 2016.

Nagaterbang, “Sarimin,” LINE Webtoon Indonesia, 2020. https://www.webtoons.com/id/drama/sarimin/list?title_no=1331&page=1.

Y. Selviyanti, Mythical Creatures of Asia. Mizan Fantasi, 2016.

T. H. CS, “#Hantupedia: Ensiklopedia Hantu-hantu Nusantara.” Mediakita, 2016.

J. Ramos et al., “Character Design: a new Process and its Application in a Trading Card Game IS RPG View project RPG analyses View project Character Design: a new Process and its Application in a Trading Card Game,” no. October 2017, 2016, [Online]. Available: http://www.gamasutra.com/.

T. L. Nusantara., Bausastra Lelembut. Elex Media Kompetindo, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-28

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama