Design of Assertive Communication Illustration Book as an Educational Media

Penulis

  • Masnuna Masnuna UPN “Veteran” Jawa Timur
  • Nyimas Qonita UPN “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.868

Kata Kunci:

komunikasi asertif, buku ilustrasi, media edukasi, fresh graduate

Abstrak

Komunikasi merupakan dasar dari seluruh kegiatan interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat empat pola komunikasi yang ada, yaitu komunikasi pasif, komunikasi agresif, komunikasi pasif-agresif, serta komunikasi asertif. Dari beberapa pola komunikasi tersebut, komunikasi asertif menjadi pola komunikasi yang paling efektif. Namun, komunikasi asertif masih menjadi hal yang awam dikalangan masyarakat. Ditemukan data bahwa, pada media cetak yang sudah ada, pembahasan terkait komunikasi asertif masih sangat kurang.  Hal itu diperkuat dengan kuesioner yang dibagikan kepada 66 fresh graduate, diperoleh data bahwa 63,6% tidak mengetahui komunikasi asertif. Seorang fresh graduate tentu nantinya akan dihadapkan dengan persoalan seperti masalah pekerjaan serta tuntutan kerja lainnya. Selain itu, fresh graduate juga perlu memiliki softskill yang akan berguna kedepannya. Oleh karena itu, pola komunikasi asertif akan sangat dibutuhkan fresh graduate dalam dunia kerja. Melihat fresh graduate yang sibuk dengan pekerjaan, maka dibutuhkan media edukasi yang informatif dan menarik, yaitu buku ilustrasi. Berdasarkan fenomena dan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan dua tahap, yaitu tahap persiapan dan tahap penciptaan. Dengan adanya media buku ilustrasi ini, diharapkan target audiens bisa mengaplikasikannya dalam keseharian, menarik minat baca, serta dapat bekerja lebih produktif kedepannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

. R. Simamora, Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta, 2012.

. R. Imani Khan, “Perilaku Asertif, Harga Diri dan Kecenderungan Depresi,” Pers. Psikol. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 143–154, 2012, doi: 10.30996/persona.v1i2.40.

. M. Nasrullah, “Faktor-Faktor Komunikasi Interpersonal Pengusaha Tani Sukses (Pendekatan Studi Kasus Di Perusahaan Mitra Tani Bantul),” pp. 1–25, 2010, [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/24779.

. T. Y. S. Laturiuw, “Kasus Perselisihan Karyawan dengan Perusahaan di Bekasi Meningkat,” Wartakota Tribunnews, 2018.

. “The Cost Of Poor Communication,” Society of Human Resource Management, 2013. https://www.shrm.org/resourcesandtools/hr-topics/behavioral-competencies/communication/pages/the-cost-of-poor-communications.aspx.

. R. Mustikasari, “Efektifitas Expressive Writing Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Fresh Graduate Yang Sedang Mencari Kerja,” Skripsi Thesis, Univ. Muhammadiyah Surakarta, 2019.

. F. Ruby, You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self-Awareness. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2020.

. I. M. Suyasa and I. N. Sedana, “Mempertahankan Eksistensi Media Cetak Di Tengah Gempuran Media Online,” J. Komun. dan Budaya, vol. 01 No 01, 2020.

. R. Supriyono, Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2010.

. A. Priyata, H. D. Waluyanto, and A. Zacky, “Perancangan Buku Ilustrasi Anxiety Disorder Sebagai Media Edukasi Bagi Usia 19-24 Tahun,” J. Dkv Adiwarna, 2020.

. P. A. Pradana and Masnuna, “Ilustrasi Buku Ensiklopedia Burung Rangkong,” ANDHARUPA, vol. 07, no. 01, pp. 28–43, 2021.

. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, 2018.

. M. and N. L. Zakiyah, “Buku Ilustrasi Pola Asuh Yang Tepat Untuk Menumbuhkan Emosi Positif Anak,” Ars J. Seni Rupa dan Desain, vol. 23, no. 3, pp. 136–145, 2020, doi: 10.24821/ars.v23i3.4498.

. A. T. B. Alkathiri and Y. Sari, “Pengaruh Warna Terhadap Produktivitas Karyawan Kantor,” J. Arsit. Purwarupa, vol. 3, no. 3, pp. 187–192, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-28