E-INVITATION SEBAGAI PELUANG BISNIS ERA INDUSTRI 4.0 DI BALI

Penulis

  • Wina Pertiwi Putri Wardani Institut Seni Indonesia Denpasar
  • Anak Agung Gde Bagus Udayana Institut Seni Indonesia Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i1.873

Kata Kunci:

peluang, desain, undangan, digital

Abstrak

Di era 4.0 semua hal menggunakan teknologi, termasuk penyebaran informasi seperti halnya undangan pernikahan. Bisa dikatakan di Bali penggunaan e-invitation belum sepopuler di Jakarta.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana potensi e-invitation di dalam era baru khususnya di Bali. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan fenomenologis dan juga menggunakan teori konsep tinggi dan sentuhan tinggi. Dari hasil penelitian didapat bahwa e-invitation memiliki potensi bisnis yang baik. Desain yang inovatif mengikuti perkembangan zaman, melibatkan emosi yang lebih dengan dukungan banyak fitur pada desain e-invitation. Selain itu, diperlukan juga rasa empati terhadap lingkungan untuk mengurangi penggunaan kertas dan bungkus plastik sekali pakai. Nilai ekonomis yang menguntungkan kedua belah pihak tanpa mengurangi makna yang sesungguhnya juga diperlukan, dari sebuah pesan yang tulus mengajak perayaan yang berbahagia.

Unduhan

Referensi

S. Rustan, Layout 1. Jakarta: CV Nulisbuku Jendela Dunia, 2020.

Google Trends, “Google Trends membandingkan undangan digital dan kartu undangan,” 2021. https://trends.google.co.id/trends/explore?date=now 7-d&geo=ID&q=undangan digital,kartu undangan (diakses Apr 26, 2021).

A. Savitri, Bonus demografi 2030: menjawab tantangan serta peluang edukasi 4.0 dan revolusi bisnis 4.0. Semarang: Genesis, 2019.

A. B. Udayana, “Teknologi Global Dan Tumbuh Kembangnya Desain Komunikasi Visual,” in Kapita Selekta Citraleka Desain 2020: Dialektika Seni, Desain, dan Kebudayaan Pada Era Revolusi Industri 4.0, N. Jayanegara dan N. . Fajaraditya, Ed. Denpasar: STIKI Press, 2020, hal. 67.

D. H. Pink, A whole new mind: Bagaimana para pengguna otak kanan mampu menguasai masa depan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2019.

G. N. Syaifuddiin dan F. I. Pradani, “Penerapan Quick Response ( QR ) Code pada Aplikasi Electronic-Invitation (E-Invitation),” J. Ilm. MERPATI, vol. 8, no. 2, hal. 81–88, 2020.

L. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.

Sukandarrumidi, Metode Penelitian. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2006.

T. Samara, Design Elements: A Graphic Style Manual. Massachusetts: Rockport Publisher Inc, 2007.

E. S. Rizal dan S. Maulana, Redefinisi Desain. Bandung: CmykPress, 2021.

P. Kotler dan K. L. Keller, Manajemen Pemasaran, 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga, 2009.

R. Devita, “Gubernur Bali Keluarkan PERGUB,Ini Tiga Bahan Plastik Yang Dilarang.” www.Balipost.com/news/2018/12/24/64588/Gubernur-Bali-Keluarkan-Pergub,Ini...html (diakses Apr 26, 2021).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-28