PERAN ILUSTRASI BERTEMA INDONESIA PADA PRODUK MINUMAN TERHADAP RESPON EMOSI KONSUMEN DALAM MEMBELI DAN MEMAHAMI PRODUK

Penulis

  • Ni Putu Emilika Budi Lestari Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Ngurah Adhi Santosa Institut Desain dan Bisnis Bali
  • Annisa Rohimah Suharno Institut Desain dan Bisnis Bali

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i1.972

Kata Kunci:

packaging, ilustrasi, penjualan, emosional, lokalitas

Abstrak

Perkembangan revolusi industri 4.0 di Indonesia mempengaruhi banyak aspek, salah satunya yaitu industri produk makanan dan minuman. Perkembangan pasar yang kian pesat serta perilaku konsumen yang terus berubah mengikuti trend dan kebutuhan menuntut para pelaku industri untuk tetap selangkah lebih depan dibandingkan usaha serupa salah satunya dengan meningkatkan kualitas desain kemasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh unsur visual berupa ilustrasi bertema Indonesia dan kearifan lokal Indonesia pada kemasan produk minuman populer dimata konsumen, baik secara penjualan maupun pengaruhnya terhadap respon emosional konsumen sebagai masyarakat Indonesia. Melalui penggunaan ilustrasi pada kemasan, produsen juga ingin menyampaikan pesan tertentu pada konsumennya. Karena sesungguhnya tampilan kemasan yang menarik akan memberi kesan tersendiri serta kedekatan emosional bagi para konsumen dalam menentukan keputusannya untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Metode penelitian dilakukan secara kualitatif melalui kepustakaan dan kuesioner. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori desain kemasan, menyangkut pengaruh visual kemasan terhadap minat beli konsumen. Selain itu penulis juga menggunakan teori ilustrasi untuk mengidentifikasi teknik ilustrasi dan teori semiotika Roland Barthes untuk mengetahui bagaimana pengaruh ilustrasi terhadap respon emosional konsumen dan bagaimana pemaknaan konsumen terhadap ilustrasi terkait. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan ilustrasi bertema Indonesia pada kemasan produk minuman dapat dikatakan meningkatkan emosional konsumen untuk membeli produk, didasari oleh faktor ilustrasi yang (eye catching) dari segi style, pemilihan objek ilustrasi, warna dan tema. Selain itu, desain kemasan dengan ilustrasi bertema Indonesia menarik untuk dikoleksi sebagai memorabilia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mufreni, Alfin NF, "Pengaruh Desain Produk, Bentuk Kemasan dan Bahan Kemasan terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus The Hijau Serbuk Tocha)," Jurnal Ekonomi Manajemen, Vol 2 No. 2. hal 48-54, 2016

S. R. Tambunan, “Peran Kemasan Snack dalam Membangun Hubungan Emosional dengan Konsumen,” Jupiis J. Pendidik. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, p. 26, 2016, doi: 10.24114/jupiis.v8i1.5113.

S. T. Rahardjo, Desain Grafis Kemasan UMKM. 2019.

Harminingtyas, Rudika, "Analisis Fungsi Kemasan Produk Melalui Model View dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rokok Kretek Merek DJI SAM SOE di Kota Semarang,” vol. 5, no. 2, pp. 1–18, 2013.

I.B Suryaningrat et al., “Desain Kemasan Sekunder Pada Produk Prol Tape Dengan Metode Quality Function Deployment (QFD) (Studi Kasus di UD. Purnama Jati, Kabupaten Jember) Secondary Packaging Design of Prol Tape Product Using Quality Function Deployment (QFD) Method (Case Study at,” Desain Kemasan Sekunder Pada Prod. Prol Tape dengan … J. Agroteknologi, vol. 15, no. 01, 2021.

Shidiqy, Dhiya'u, “Respon Emosional Sebagai Mediasi Pengaruh Visualisasi Desain Kemasan Terhadap Keputusan Pembelian; Studi Kasus Pada Pembeli Rokok Sampoerna A Mild di Warung Kopi Waris Tulungagung.”. Tesis. Surakarta: Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. 2017

A. N. Maulani, R. Fetrianggi, and I. S. Prana, “Analisis Pengaruh Desain Kemasan dan Brand Image Kopi Good Day Pada Minat Beli Konsumen,” vol. 1, no. 1, pp. 1–9, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/FINDER/article/view/34054/14643.

I. D. S. NI Desi, “Elemen Visual Kemasan Sebagai Strategi Komunikasi Produk,” Profetik, vol. 6, no. 1, pp. 43–52, 2013.

V. Dharmeria, “Analisis pengaruh keunikan desain kemasan produk , kondusivitas,” J. Sains Pemasar. Indones., vol. XIII, no. 1, pp. 1–44, 2014.

A. Sobur, Semiotika Komunikasi. 2006.

Hidayat, Moch. Junaidi, “Tinjauan Kognisi Desain Produk Kemasan Sebagai Unsur Identitas Budaya Populer Atas Produk Kemasan Makanan Industri Kecil Menengah (Ikm),” J. Kawistara J. Ilm. Sos. dan Hum., vol. 1, no. 3, 2011, doi: 10.22146/kawistara.3929.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-28