ANALISIS “AIDA” PADA KONTEN INSTAGRAM “MADAME GIE” TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i2.987Kata Kunci:
AIDA, minat beli, konten, Instagram, Madame GieAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh konten Instagram Madame Gie terhadap minat beli konsumen yang ditinjau berdasarkan aspek attention, interest, desire, dan action (AIDA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dari analisis yang dilakukan, ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara konten Instagram Madame Gie terhadap minat beli konsumen ditinjau dari aspek AIDA. Pada aspek attention, penggunaan selebriti dan warna-warna pastel pada konten foto dan video yang diunggah mampu menarik perhatian audiens untuk mengenal produk. Pada aspek interest, konsistensi mengunggah konten foto dan produk mempermudah audiens mengenal produk. Pada aspek desire, konten yang menampilkan beragam keunggulan produk seperti varian produk dan testimoni mendorong audiens untuk melakukan pembelian atau action.
Unduhan
Referensi
P. . Pratomo, Studi Dan Implementasi Secure Chatting Menggunakan Algoritma RSA. Bandar Lampung: IIB Darmajaya Bandar Lampung, 2018.
APJII, “Survei Pengguna Internet APJII 2019-Q2 2020: Ada Kenaikan 25,5 Juta Pengguna Internet Baru di RI,” 2020. [Online]. Available: https://apjii.or.id/downfile/file/BULETINAPJIIEDISI74November2020.pdf.
Y. Edwin, “Instagram Beberkan Fakta-Fakta Pengguna di Indonesia,” Beritagar.id, 2016. https://beritagar.id/artikel/sains-tekno/instagram-beberkan-fakta-fakta-pengguna-di-indonesia.
E. E. Miranda, S., & Lubis, “Pengaruh Instagram Sebagai Media Online Shopping Fashion Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau,” J. Online Mhs., vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2017.
S. Ayudia, “4 Brand yang Penjualan Makeup-nya Mengalami Peningkatan Pesat di 2020. Apa Ya Alasannya?,” Hipwee.com, 2020. https://www.hipwee.com/style/brand-makeup-terlaris-2020/.
S. D. Gharibi, “Explain The Effectiveness of Advertising Using The AIDA Model,” Interdiscip. J. Contemp. Res. Bus., vol. 4, no. 2, pp. 926–940, 2012.
P. Kotler, Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks, 2007.
I. Rochmawati, “Metode Perancangan Desain Komunikasi Visual,” 2020. [Online]. Available: https://repository.unikom.ac.id/66851/1/11-12_Metode Perancangan Dkv.pdf.
Mardalis, Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara, 1999.
Madamegie, “About Us,” madamegie.com, 2018. https://www.madamegie.com/.
D. Ryan, Understanding Digital Marketing. United States: Kogan Page Limited, 2014.
J. Holmes, Instagram Marketing For Business. California: CreateSpace Independent Publishing Platform, 2015.
E. Hadiyati, “Study of Marketing Mix and AIDA Model to Purchasing Product in Indonesia,” Br. J. Mark. Stud., vol. 4, no. 7, pp. 49–62, 2016.
C. Luethi, AIDA in Action How To Increase Your Sales With This No-Cost Marketing Technique. New Zealand: FX Marketing Limited, 2011.
Monica and L. C. Luzar, “Efek Warna Dalam Dunia Desain dan Periklanan,” Humaniora, vol. 2, no. 2, pp. 1084–1096, 2011, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/166935-ID-efek-warna-dalam-dunia-desain-dan-perikl.pdf.
L. S Anggraini and Nathalia Kirana, Desain Komunikasi Visual; Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia, 2014.
S. D. Lestari and A. Asdinardju, “Pengaruh Penggunaan Selebriti Dalam Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Iklan Shampo Pantene Versi Ralin Shah),” Media Neliti. https://media.neliti.com/media/publications/273134-pengaruh-penggunaan-selebriti-dalam-ikla-9da2f791.pdf.
L. J. Rumambi, “Kajian Strategi Periklanan : Efektivitas Penggunaan Celebrity Endorser Wanita Indonesia 2004,” J. Ekon. Mod., vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2006, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/307640403_Kajian_Strategi_Periklanan_Efektivitas_Penggunaan_Celebrity_Endorser_Wanita_Indonesia_2004.
A. U. Denich and Ifdil, “Konsep Body Image Remaja Putri,” J. Konseling dan Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 55–61, 2015.
N. Wolf, The Beauty Myth,How Images of Beauty Are Used Against Women. New York: HarperCollins Publisher Inc, 2002.
D. Pertiwi and H. Gusfa, “Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Kalbis Institute,” J. Media Kom, vol. 8, no. 2, pp. 45–57, 2018, [Online]. Available: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom/article/download/3915/2319.
G. Andrew, 101 Jurus Rahasia Membangun Bisnis Hebat dengan Cara Cerdas, Mudah dan Cepat. Jakarta: Tangga Pustaka, 2011.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Donna Carollina, Yongkie Angkawijaya, Victor Adiluhung Abednego
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.