PERANCANGAN BUKU CERITA ANAK BERJUDUL THE LITTLE HERO AND HIS FRIEND QILIN
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v5i2.990Kata Kunci:
Buku cerita, Seni Tari, QilinAbstrak
Indonesia memiliki berragam seni tari. Mulai dari seni tari yang diberikan oleh kaum mayoritas maupun minoritas. Namun sangat disayangkan tidak banyak masyarakat melestarikan seni tari, terutama kaum muda. Seni tari yang paling sulit dilestarikan adalah tari tradisional. Tari tradisional dari kalangan minoritas adalah seni tari yang bisa saja tidak dikenal, karena hanya beberapa kaum tersendiri yang mengetahuinya. Salah satu tari yang jarang terlihat adalah tari qilin. Tari qilin sendiri berasal dari tradisi orang hakka di Indonesia. Tari ini dilakukan karena alasan ritual dan tidak dikomersialkan. Ini juga dikarenakan qilin adalah hewan dewa yang dimana tidak layak untuk sekedar kepentingan komersial saat ditampilkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan cara mengumpulkan data melalui kuesioner, studi pustaka, observasi dan studi dokumentasi. Dengan hasil penelitian yang akan menghasilkan karya buku cerita tari qilin ini akan dipublikasikan secara komersial guna memperkenalkan tari qilin kepada anak-anak. Dengan berlangsungnya penelitian dan perancangan buku ini, penulis mengharapkan rakyat Indonesia lebih mencintai tari tradisional, terutama tari tradisional yang dibawakan oleh kalangan minoritas untuk memper-erat jiwa bhineka tunggal ika.
Unduhan
Referensi
D. Anggraini and H. Hasnawati, “Perkembangan Seni Tari: Pendidikan Dan Masyarakat,” J. PGSD, vol. 9, no. 3, pp. 287–293, 2018, doi: 10.33369/pgsd.9.3.287-293.
S. A. Christian, “Identitas budaya orang tionghoa indonesia,” vol. 1, no. 1, pp. 11–22, 2017.
Andi Aco Agus, “Integrasi Nasional Sebagai Salah Satu Parameter Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Negara Republik Indonesia,” J. Sos. Pendidik. Sosiologi-FIS UNM, vol. 3, no. 1963, pp. 19–27, 2016.
M.Primasti, “QILIN, MAKHLUK MITOLOGI CHINA, DALAM KARYA KERAMIK,” Comput. Human Behav., vol. 63, no. May, pp. 9–57, 2019, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2016.05.008.
A. N. Mar’atun, “Periodesasi Masa Perkembangan Anak-Anak,” Psikol. Umsida, pp. 1–15, 2018, [Online]. Available: eprints.umsida.ac.id/1129/3/PSImasaanak2.pdf.
C. S. Aprilia Kartini Streit, “Perancangan Buku Novel Fantasi Dengan Ilustrasi Sebagai Media Visualisasi ‘The Goddess Tears,’” J. Ruparupa, vol. 5, no. 1, pp. 54–65, 2016.
H. Hidajat, “Kajian Visual Mengenai Ilustrasi Dongeng Anak Usia 6-12 Tahun Studi Kasus Ilustrasi Dongeng Karya Murti Buanta,” Ruparupa, vol. 5, no. 2, pp. 187–197, 2016.
A. K. Streit, “Kajian Visual Ilustrasi Hewan Langka Indonesia Dalam Bentuk Ensiklopedia Bagi Anak-Anak,” J. Ruparupa, vol. Vol.4, no. 2, pp. 123–129, 2015, [Online]. Available: https://journal.ubm.ac.id/index.php/rupa-rupa/article/view/178/178.
U. Islam, N. Sunan, and A. Surabaya, “Diktat metode perancangan arsitektur,” Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2015.
M. d. Widya dharma adi, Leonardo S.Sn. and M. S. Dermawan james, S.Sn M.Ds, Andreas S.Sm., BAHAN AJAR DESAIN GRAFIS : Pengantar Desain Grafis, Trim, Bamb., vol. 1. Jakarta: Direktorat pembinaan kursus dan pelatihan, 2016.
M. L. Baskoro and B. N. Haq, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Mata Kuliah Desain Pengembangan Produk Pangan,” J. IKRA-ITH Hum., vol. 4, no. 2, pp. 83–93, 2020.
E. H. Mulyana, I. Nurzaman, and N. A. Fauziyah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna,” J. Paud Agapedia, vol. 1, no. 1, pp. 76–91, 2017, doi: 10.17509/jpa.v1i1.7170.
Kumparan, “Kisah Sans Serif, Font Populer Dunia yang Dulu Dicaci,” 23 juli, 2019. https://kumparan.com/kumparannews/kisah-sans-serif-font-populer-dunia-yang-dulu-dicaci-1rWVxba1gqv (accessed Feb. 01, 2022).
Nexen alexandre, Teori warna. 2015.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Vinna Vinna, Aprilia Kartini Streit
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.