PERANCANGAN BUKU TIPOGRAFI UNTUK KEMASAN DENGAN METODE DESIGN THINKING
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i3.1299Kata Kunci:
Typography, packaging, bookAbstrak
Menerapkan tipografi yang tepat merupakan aspek penting karena tipografi memengaruhi kesan visual suatu merek. Tipografi mewakili merek secara visual, sehingga karakter setiap huruf mencerminkan citra merek yang diwakilinya. Begitu juga halnya ketika dilakukan pengembangan desain kemasan, tipografi merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempertahan identitas merek yang dibawa. Melihat adanya urgensi tersebut maka penelitian ini bertujuan merancang sebuah buku informasi yang berisikan tipografi dalam kemasan yang dikemas dengan visualisasi yang menarik dan menyajiakan studi kasus merek-merek yang sering ditemukan di pasaran Indonesia. Dengan menggunakan metode design thinking, dimana metode ini merupakan metode pengembangan suatu produk yang diawali dari upaya dalam menjawab permasalahan yang ada di masyarakat. Hasil dari penelitian ini berupa sebuah buku dengan konten tipografi yang di rancang menggunakan layout yang bersih dengan menekan permainan tipografi pada penjelasan isi buku. Dengan adanya buku ini diharapkan dapat menjadi buku referensi bagi mahasiswa/I DKV Indonesia terutama dalam mata kuliah tipografi dan desain kemasan. Dimana tujuan ini akan berkesinambungan dengan peningkatkan ilmu desain yang menjadi salah satu aspek bernilai dalam pengembangan industri digital economy.
Unduhan
Referensi
T. Murtono, “Penguatan Citra Merek Batik Dengan Tipografi Vernacular,” Acintya, vol. 6, no. 2, pp. 114–125, 2014.
M. Pradika, I. W. Swandi, and I. W. Mudra, “Kajian Ilustrasi, Tipografi, dan Warna dalam Membentuk Estetika pada Desain Kemasan Pod Cokelat Edisi Dark Chocolate Bali,” Prabangkara J. Seni Rupa dan Desain , vol. 24, no. 2, pp. 59–63, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.isi-dps.ac.id/index.php/prabangkara/article/view/1215.
D. Sihombing, Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia, 2015.
R. Carina, “Penggunaan Huruf Dekoratif Dalam Tipografi Kinetis,” J. Dimens. DKV Seni Rupa dan Desain, vol. 4, no. 1, p. 17, Apr. 2019, doi: 10.25105/jdd.v4i1.4558.
Y. Erlyana and Y. Hansen, “Tinjauan Tipografi Pada Poster Film Horor Indonesia Garapan Rizal Mantovani (Analisa Dengan Prinsip Pokok Tipografi),” J. Ruparupa, vol. 3, no. 1, pp. 17–28, 2014.
Y. Erlyana and Ressiani, Basic of Packaging: Belajar Kemas Kemasan, 1st ed. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.
Y. Erlyana, “Analisis Peranan Desain Kemasan Terhadap Brand Identity Dari Sebuah Produk Makanan Lokal Indonesia Dengan Studi Kasus: Produk Oleh-Oleh Khas Betawi ‘Mpo Romlah,’” in National Conference of Creative Industry, Sep. 2018, no. September, pp. 1079–1097, doi: 10.30813/ncci.v0i0.1316.
Y. Erlyana and R. Ressiani, “Perancangan Buku Desain Kemasan ‘Basic of Packaging,’” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 6, no. 02, pp. 160–172, Aug. 2020, doi: 10.33633/andharupa.v6i02.3390.
Y. Erlyana, “Perancangan Buku Informasi Tentang Jamu Sebagai Bentuk Pelestarian Warisan Budaya Indonesia,” NARADA, J. Desain dan Seni, FDSK-UMB., vol. 5, no. 2, pp. 99–110, 2018, [Online]. Available: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/narada/article/view/4046.
A. Kusrianto, Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi Offset, 2009.
S. Rustan, Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2018.
A. C. Silva and M. M. Borges, “Hybrid publishing design methods for technical books,” Electron. Libr., vol. 34, no. 6, pp. 915–926, Nov. 2016, doi: 10.1108/EL-02-2016-0035.
T. Brown and J. Wyatt, “Design Thinking for Social Innovation,” Dev. Outreach, vol. 12, no. 1, pp. 29–43, Jul. 2010, doi: 10.1596/1020-797X_12_1_29.
Y. Yulius and E. Pratama, “Metode Design Thinking Dalam Perancangan Media Promosi Kesehatan Berbasis Keilmuan Desain Komunikasi Visual,” Besaung J. Seni Desain dan Budaya, vol. 6, no. 2, pp. 111–116, 2021, doi: 10.36982/jsdb.v6i2.1720.
Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Mixed Meth. Bandung: Alfabeta Bandung, 2016.
A. J. Elliot and M. A. Maier, “Color-in-Context Theory,” in Advances in Experimental Social Psychology, 1st ed., vol. 45, Elsevier Inc., 2012, pp. 61–125.
M. Kuniecki, J. Pilarczyk, and S. Wichary, “The color red attracts attention in an emotional context. An ERP study,” Front. Hum. Neurosci., vol. 9, no. APR, pp. 1–14, Apr. 2015, doi: 10.3389/fnhum.2015.00212.
L. Eiseman, The Complete Color Harmony, Pantone Edition: Expert Color Information for Professional Results. UK: Rockport Publishers, 2017.
L. Wongso and Y. Erlyana, “Perancangan Light Novel Sitti Nurbaya dengan Ilustrasi Cat air,” vol. 3, pp. 26–37, 2019.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yana Erlyana, Winnie Winnie, Veronica Veronica
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.