Komposisi Visual Dalam Membangun Dramatisasi Kekuasaan Pada Lirik Lagu Video Musik “Kamu Anggap Apa”
DOI:
https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v7i3.1587Kata Kunci:
dramatisasi, komposisi, visual, video, musikAbstrak
Video musik “Kamu Anggap Apa” menceritakan tentang kisah seorang perempuan yang tidak dianggap oleh kekasihnya. Video musik tersebut menerapkan komposisi yang menunjukkan dramatisasi kekuasaan pada setiap adegannya. Penelitian ini dilakukan untuk membahas peran komposisi visual dalam memabngun dramatisasi kekuasaan pada lirik lagu dalam video musik “Kamu Anggap Apa”. Metode peneltiian yang digunakan adalah kualitatif. Sedangkan pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan pusposive sampling, yaitu dengan mengambil sample sebagai bahan penjelasan dari objek penelitian yang diteliti. Penelitian dilakukan dengan menjabarkan tangkapan layar yang berdasarkan lirik lagu, kemudian dilakukan pembahasan terhadap penerapan komposisi visual dalam membangun dramatisasi pada tangkapan layar. Dari penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat berbagai penerapan komposisi visual yang menunjukkan kekuasaan karakter diawal lagu. Sedangkan komposisi visual diakhir lagu menunjukkan kelemahan dari karakter.
Unduhan
Referensi
W. Sanjaya, “Analisis Perubahan Sifat Karakter di Sepanjang Perjalanannya Berdasarkan Pola Kejadian dan Plot Segment dalam Film ‘Green Book,’” Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, vol. 17, no. 1, pp. 77–86, 2021.
W. Sanjaya, “ACTION CUT DALAM MEMBANGUN DRAMATISASI DI FILM ‘PREY,’” Titik Imaji, vol. 6, no. 2, 2024.
Kartini, I. F. Deni, and K. Jamil, “REPRESENTASI PESAN MORAL DALAM FILM PENYALIN CAHAYA (ANALISIS SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE),” SIWAYANG JOURNAL, vol. 1, no. 3, pp. 121–130, 2022.
W. Sanjaya, “ANALISA 10 UNSUR DAN PETA PERJALANAN PADA KARAKTER–KARAKTER DALAM FILM ‘LION,’” Titik Imaji, vol. 5, no. 2, 2023.
W. Sanjaya, “VISUAL COMPOSITION IN BUILDING DRAMATIZATION OF SONG LYRICS IN THE MUSIC VIDEO ‘MELAWAN RESTU’: KOMPOSISI VISUAL DALAM MEMBANGUN DRAMATISASI LIRIK LAGU PADA VIDEO MUSIK ‘MELAWAN RESTU,’” VCD, vol. 8, no. 2, 2023.
Y. David, R. Panjaitan, N. Hasanah, and S. Kom, “Analisa Teknik Sinematografi Pada Film Parasite,” Journal of Information System and Technology, vol. 03, no. 01, pp. 100–126, 2022.
R. Ramadhan, “Unsur Sinematografi untuk Mendukung Ketegangan dalam Film ‘Sasmita Narendra,’” NIRMANA, vol. 20, no. 1, pp. 9–16, Jan. 2020.
W. Sanjaya and H. Marian, “Relasi Kepercayaan Diri pada Karakter Utama dengan Komposisi Visual di Film ‘TAR,’” Jurnal Seni Nasional Cikini, vol. 9, no. 02, 2023.
A. Eko Suprihono, “SINEMATOGRAFI WAYANG: PERSOALAN TRANSMEDIA SENI PERTUNJUKAN TRADISIONAL DALAM PROGRAM TAYANGAN TELEVISI,” Jurnal Rekam, vol. 15, no. 2, pp. 137–154, Oct. 2019.
A. Baihaqi and K. Ibrahim, “TEKNIK SINEMATOGRAFI FILM PENDEK AIR MATA IMPIAN KARYA MULTIMEDIA DARUSSALAM BLOKAGUNG BANYUWANGI,” JDARISCOMB: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, vol. 3, no. 1, 2023.
H. Junaedi, M. Hariadi, and K. E. Purnama, “Penerapan Sinematografi dalam Penempatan Posisi Kamera dengan Menggunakan Logika Fuzzy,” Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 55, no. 2, 2018.
D. Murti and A. Angraini, “Representasi Magical Realisme Dalam Sinematografi Film Sarvani Bhutani,” Jurnal Seni Nasional CIKINI, vol. 6, no. 2, pp. 27–35, May 2021.
T. A. Prasetyo, D. A. Retnowati, and L. R. Hakim, “MEMBANGUN VISUAL STORYTELLING DENGAN KOMPOSISI DINAMIK PADA SINEMATOGRAFI FILM FIKSI ‘ASMARADANA,’” Sense, vol. 1, no. 2, pp. 203–218, Nov. 2018.
B. Brown, Cinematography: Theory and practice: Image making for cinematographers and directors: Fourth edition. New York: Routledge, 2022. doi: 10.4324/9781315667829.
M. Arifin, F. Aji, and M. Zamroni, “PENGGUNAAN ASPEK-ASPEK SINEMATOGRAFI UNTUK MEMBANGUN STRUKTUR DRAMATIK PADA FILM A QUIET PLACE,” Rolling: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Film, Televisi dan Media Kontemporer, vol. 2, no. 2, pp. 47–65, Oct. 2019.
R. Nusantriani Banurea, “Representasi Konsep Kecantikan dalam Video Music SNSD Gee,” Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, vol. 9, no. 2, pp. 139–157, Dec. 2015.
Z. Mufarrih Muktaf, “CITRA FEMININ DALAM VIDEO MUSIK TEEN TOP (Studi Semiotika mengenai citra feminin pada video musik Teen Top berjudul ‘No More Perfume on You’),” Jurnal Ilmiah KOMUNIKASI MAKNA, vol. 4, no. 1, pp. 1–14, Jul. 2013.
M. Eko Prasetyo, Zevri, and S. Everlin, “PERANCANGAN VIDEO KLIP PROFIL KOMUNITAS K-POP DANCE INVASION DC JAKARTA DENGAN TEKNIK CAMERA MOVEMENT,” Rekam: Jurnal Fotografi, Televisi, Animasi, vol. 18, no. 2, pp. 151–162, Oct. 2022.
W. Kristian Natalia and W. Nurus Sa’adah, “ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES DALAM VIDEO MUSIK BTS INTERLUDE : SHADOW DAN OUTRO : EGO,” Jurnal Al-Tsiqoh (Dakwah dan ekonomi), vol. 6, no. 2, pp. 27–34, Nov. 2021.
D. A. Rahma Oktaviani, B. Suprapto, and I. Dzuhrina, “ANALISIS SEMIOTIK VIDEO KLIP BTS ‘BLOOD, SWEAT AND TEARS’ SEBAGAI REPRESENTASI MASA MUDA,” ESTETIKA: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, vol. 2, no. 1, pp. 1–25, Sep. 2020.
I. Oktavyanthi and M. Kholiq, “A SEMIOTIC ANALYSIS IN MUSIC VIDEO OF BLANK SPACE BY TAYLOR SWIFT,” Journal of Language and Literature, vol. 6, no. 1, pp. 29–37, Jun. 2018.
L. Karunia, “Representasi Perpustakaan pada Video Musik The Story of Us Library Representation in The Story of Us Music Video,” JIPIS: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, vol. 1, no. 2, pp. 1–6, Nov. 2022.
R. Permata Sari and A. Abdullah, “ANALISIS ISI PENERAPAN TEKNIK SINEMATOGRAFI VIDEO KLIP MONOKROM,” Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK), vol. 1, no. 6, pp. 418–423, Jan. 2020.
S. I. Linando, M. E. Prasetyo, and W. Winnie, “Komposisi Visual dan Tata Cahaya Pada Film Netflix Berjudul Squid Game,” Jurnal Bahasa Rupa, vol. 6, no. 1, pp. 20–32, 2022, doi: 10.31598/bahasarupa.v6i1.1139.
W. Sanjaya, “PENGGAMBARAN KENANGAN DAN KESEDIHAN MELALUI KOMPOSISI SINEMATOGRAFI PADA VIDEO MUSIK PESAN TERAKHIR,” CALACCITRA: JURNAL FILM DAN TELEVISI, vol. 3, no. 2, 2023.
B. Taufikurrrahman, A. Luthfi Rahman, and L. Rakhman Hakim, “TATA CAHAYA HIGH CONTRAST SEBAGAI PENDUKUNG UNSUR DRAMATIS PADA FILM HOROR ‘DERANA DARA,’” Sense: Jurnal of Film and Television Studies, vol. 4, no. 1, pp. 1–19, 2021.
Bella Arsyta Afriani, “9 Penyanyi Populer dari Label Hits Records, Ada Idolamu?,” IDN Times.
Tim Okezone, “Single Baru Ghea Indrawari Kamu Anggap Apa Ramai di YouTube Shorts!,” Okezone.
N. Khotimah, “Lirik Lagu Kamu Anggap Apa - Ghea Indrawari, Galau Banget!,” Suara.com.
G. Mercado, The Filmmaker’s Eye; Learning (and Breaking) the Rules of Cinematic Composition; Second Edition. 2022. doi: 10.4324/9781315770857.
E. Murdiyanto, PENELITIAN KUALITATIF, 1st ed. 2020.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 William Sanjaya
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
The author's copyright in the Bahasa Rupa Journal, assigns that the publication of published articles is owned by the editorial board with the author's approval, but the rights are still with the author. The legal rules for accessing digital electronic articles are under license Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0), which means that the Bahasa Rupa Journal has the right to store, modify, manage databases, maintain and publish articles without the author's permission, but the author as the copyright holder is still written as it is. Articles published in Bahasa Rupa Journals, both in hard and soft copy forms are available as open access, for educational, research and library purposes, and beyond that purpose, the editorial board of the Language and Language Journal is not responsible for illegal copyright infringement. This journal also applies LOCKSS and CLOKSS archiving.