BUKU DOKUMENTASI FOTOGRAFI “KELENTENG BOEN SAN BIO”

Penulis

  • Martinus Eko Prasetyo Kaparang Universitas Bunda Mulia
  • Shierly Everlin Universitas Bunda Mulia
  • Angelina Theresia Eva Universitas Bunda Mulia

DOI:

https://doi.org/10.31598/bahasarupa.v6i2.1197

Kata Kunci:

Bangunan Keagamaan, Cagar Budaya, Fotografi Dokumentasi

Abstrak

Kelenteng merupakan bangunan keagamaan yang menjadi warisan cagar budaya. Menjadi nilai sejarah dari budaya Tionghoa, Kelenteng merupakan tempat penghormatan para leluhur (rumah abu) dan Dewa Dewi dengan banyak berbagai macam ornamen khas Tiongkok serta patung-patung Dewa-Dewi dari kepercayaan Konghucu lengkap dengan senjata khasnya, altar lengkap dengan tempat peletakan dupa untuk beribadah. Kelenteng Boen San Bio di bangun pada tahun 1689 oleh pedagang Tiongkok. Tujuan dibuatnya perancangan buku ini adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat luas mengenai sejarah dibangun-nya Kelenteng Boen San Bio, serta menjaga cagar budaya Tionghoa di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan kualitatif,  penelitian untuk mencari informasi yang akurat mengenai sejarah, perkembangan, budaya bangunan kelenteng “Boen San Bio” serta faktual dan mendetail mengenai arsitektur mulai dari bagian utama, hingga bangunan pada sisi lainnya seperti sisi barat, sisi timur, sisi utara dan selatan yang didokumentasikan dalam media fotografi untuk menghasilkan buku dokumentasi fotografi. Dengan adanya buku fotografi, diharapkan menjadi dokumentasi informasi pengenalan mengenai Klenteng Bio San Bio untuk pertama kalinya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Herwiratno Akademi Bahasa Asing, B. Sarana Informatika, J. Cipinang Pulo Maja No, and J.-J. Timur, “Kelenteng: Benteng Terakhir dan Titik Awal Perkembangan Kebudayaan Tionghoa Di Indonesia,” 2007.

L. M. Jayadi et al., “Legenda Pertengahan Musim Gugur Budaya Tionghoa Bagi Pra-Remaja Di Surabaya Abstrak Pendahuluan Metode Penelitian Data ini didapat wawancara secara langsung Pihak-pihak Metode Analisis Data Tujuan Perancangan Tujuan perancangan adalah untuk memperkenalkan,” pp. 1–11.

J. P. Sudirgo, O. B. Wicandra, E. C. Yuwono, and U. K. Petra, “Klenteng Konghucu di Surabaya Pendahuluan,” vol. 21–23, no. Fotografi, pp. 1–10, 2017.

Indonesia.go.id, “Budaya Tionghoa dan Sejarah Perayaan Imlek,” 2019.

Vihara Nimmala, “Perkumpulan Tri .Dharma” Kelenteng Boen San Bio Tangerang,” 2020.

N. N. Redaksi Cakra, “Sejarah Klenteng Boen San Bio,” 2019.

M. E. Prasetyo, “Kajian Visual Komposisi Simetris dan Asimetris Fotografi Surreal Fashion Karya Natalie Dybisz,” pp. 293–301, 2021, [Online]. Available: http://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/2920

Affiifi. Mayssara A. Abo Hassanin Supervised et al., “Perancangan Fotografi Tentang Street Fashion Tahun 2019 di Surabaya,” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, vol. 7, no. 1, pp. 1–33, 2019.

W. A. Wiksana, “Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan,” 2017.

M. Andrianary and P. Antoine, “Perancangan Buku Fotografi Wisata Kota Jambi Book Design Photography Tourism Destination In Jambi City,” vol. 2, no. 2, p. 89, 2019.

G. Natasya, M. E. Prasetyo, and U. B. Mulia, “Kajian Rancangan Buku Cerita Anak Chaka & Chiki : Mengenal Lovebird,” pp. 1–23.

L Eiseman, The Complete Color Harmony : Pantone Edition. 2019.

D. P. Hanapiah, F. H. Istanto, and L. M. Nuradhi, “Implementasi Desain Interior Mandarin Chinese Restaurant ‘The Fortune Chinese,’” Kreasi, vol. 1, no. 2, pp. 39–39, 2016.

L. R. Schiffer et al., “Teratai Di Mihrab Masjid Sang Cipta Rasa Cirebon The Acculturation Influence On The Meaning Of Lotus Flower Ornaments In Mihrab Masjid Sang Cipta,” vol. 18, no. 2, pp. 124–139, 2019.

D. Sihombing, “Tipografi Dalam Desain Grafis,” Jakarta: Gramedia, 2015.

P. Y. Wijaya, “Dosen Jurusan Desain Komunikasi Visual,” pp. 47–54.

J. Wonosantoso, “Perancangan fotografi dokumentasi Klenteng Tay Kak Sie di Semarang,” Petra Christian University, 2009.

R. Martinus Eko Prasetyo, “Pengembangan Video Edukasi Lingkungan Bersih di Pasar Teluk Gong Jakarta Utara,” Seni Nasional Cikini, vol. 2015, pp. 79–92, 2022, doi: 10.52969/jsnc.v8i2i.179.

R. D. Z. John Suler, Perception and Imaging, 5th Editio. New York: New York, 2017. doi: https://doi.org/10.4324/9781315450971.

A. R. JULIAN, “Analisis Isi Layout Iklan Kosmetik Pada Malajah Female Periode Bulan Juli-Desember 2011”.

H. Tjiang, 7 Hari Belajar Food Photography. Gramedia, 2016. doi: 716071956.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-29

Cara Mengutip

[1]
M. E. P. Kaparang, S. Everlin, dan A. T. Eva, “BUKU DOKUMENTASI FOTOGRAFI ‘KELENTENG BOEN SAN BIO’”, bahasarupa, vol. 6, no. 2, hlm. 180-190, Apr 2023.